Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Fitur Terbaru Instagram Saat "Traveling"

Kompas.com - 26/12/2016, 08:31 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Maraknya informasi di dunia maya tentu memudahkan wisatawan untuk merancang perjalanan. Sosial media seperti Twitter dan Instagram juga berperan penting untuk menentukan destinasi yang akan kita kunjungi.

BACA JUGA: 5 Jurus Jitu Manfaatkan Instagram Saat Liburan

Sebagai salah satu media sosial paling digemari pejalan, Instagram mengeluarkan beberapa fitur baru yang bermanfaat untuk traveling. Fitur tersebut adalah Bookmark, berupa tanda mirip bendera yang ada di kanan bawah tiap foto di feed Anda.

Situs berita Huffington Post, Sabtu (18/12/2016) menyebutkan bahwa fitur Bookmark sangat berguna untuk Anda yang ingin menyimpan foto beberapa destinasi yang akan dikunjungi.

Dengan begitu, Anda tak perlu meng-capture gambar dan memenuhi folder di album foto. Cara melihat foto-foto yang sudah disimpan pun mudah. Masuk ke halaman profil, kemudian klik lambang bendera di samping "Photos of You". Kemudian muncullah gambar-gambar yang telah Anda simpan. 

BACA JUGA: Jakarta Masuk 10 Kota Dunia Paling Banyak Ditautkan di Instagram

Nah, bagaimana fitur Bookmark membantu Anda dalam merancang perjalanan?

Situs Huffington Post menyebutkan, tak sedikit turis yang terinspirasi menyambangi satu destinasi karena foto-foto Instagram. Sebelum Bookmark sebuah gambar, ada baiknya Anda mencari destinasi dengan cara sebagai berikut:

1. Gunakan tagar

Untuk mencari destinasi wisata di tempat tujuan, mulailah dengan mencari tagar (hashtag) tempat tersebut. Misal Anda akan menyambangi Pulau Flores, maka cobalah cari tagar #Flores. Coba juga tagar yang lebih spesifik misal #Ubud, #Baduy, atau #Berastagi.

Beberapa akun resmi Dinas Pariwisata menggunakan tagar resmi, misal #WonderfulIndonesia dan #BeautifulThailand.

2. Gunakan geotag

Saat menemukan foto destinasi dengan geotag, Anda bisa menelusuri foto-foto lainnya di tempat tersebut. Ini akan meyakinkan Anda untuk menyambangi destinasi itu. 

Jika mengklik geotag, Anda juga bisa melihat peta dan memerkirakan lokasi tempat tersebut.

3. Bookmark!

Jika yakin Anda akan menyambangi tempat tersebut, simpanlah gambar lewat fitur Bookmark. Anda tinggal mencari gambar-gambar di destinasi lainnya yang ingin dikunjungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com