Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memancing, Alternatif Wisata di Pulau Bangka

Kompas.com - 27/12/2016, 08:27 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Jika anda bingung mengisi waktu liburan, sport fishing atau olahraga memancing tak ada salahnya untuk dicoba.

Salah satu lokasi yang cocok untuk kegiatan ini,bisa anda temukan di pantai penuh bebatuan, di Daerah Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Keindahan pantai yang masih asri, akan membuat betah setiap wisatawan yang datang berkunjung. Di pantai ini, kegiatan memancing akan menjadi menyenangkan.

Lokasi yang bisa digunakan untuk memancing, terhampar hampir sepanjang 2 kilometer di sepanjang garis Pantai Sungailiat.

(BACA: Geliat Kerenyahan Getas dan Ampiang Khas Bangka Belitung)

Tidak hanya soal lokasinya yang cocok sebagai lokasi memancing, tapi juga didukung bentangan garis pantai yang memesona.

“Bagus lokasinya. Kebetulan libur panjang, sudah lama tak memancing, dicoba lagi,” ujar Ade, seorang wisatawan, kepada KompasTravel, Senin (26/12/2016).

Berbekal dua batang alat pancing, Ade tampak bersemangat melempar kail ke tengah laut. Ia begitu gembira, karena baru saja berhasil menangkap kakap merah seberat hampir 1 kilogram.

Suasana yang sangat mendukung, membuat kegiatan memancing terasa hanya sebentar. Deburan ombak saat menghantam bebatuan, berpadu dengan butiran pasir yang bersih, memanjakan mata, bagi setiap wisatawan.

Setiap hari, 10 sampai 20 pengunjung sengaja datang untuk menyalurkan hobi memancing. Dari atas bebatuan yang terpatri kokoh di pinggir pantai, aktivitas memancing bisa dilakukan dengan leluasa.

Pengunjung lainnya, Rendi, juga membawa sejumlah peralatan untuk memancing. “Hobi sejak kecil. Kadang saya ikut lomba. Kalau lagi santai memang asyiknya di pantai,” ujar bapak tiga anak itu.

KOMPAS.COM/HERU DAHNUR Aktivitas memancing di hamparan bebatuan Pantai Sungailiat Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Pantauan KompasTravel, wisatawan yang memang tujuannya untuk memancing datang dari berbagai daerah. Selain untuk mengisi waktu libur, kegiatan olahraga memancing dianggap sebagai hobi yang menyehatkan.

Nah menariknya, jika anda beruntung, beberapa jenis ikan seperti kakap dan kerapu bisa dibawa pulang.

Kegiatan memancing di kawasan wisata Pantai Sungailiat belum dikenakan tarif resmi. Selain memancing pengunjung juga bisa mandi di laut atau berkemah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com