Kompas.com - 27/12/2016, 13:25 WIB
Wisata hutan pinus di Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jatim, cocok buat wisatawan yang suka selfie. Ira RachmawatiWisata hutan pinus di Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jatim, cocok buat wisatawan yang suka selfie.
|
EditorI Made Asdhiana

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pada libur akhir tahun 2016, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur diprediksi melonjak hingga 500 persen.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banyuwangi Abdulah Azwar Anas kepada KompasTravel di Banyuwangi, Senin (26/12/2016).

Menurut Anas, Pemkab Banyuwangi sudah mengumpulkan para pelaku usaha wisata untuk berkoordinasi berkaitan dengan libur Natal dan Tahun Baru.

(BACA: Banyuwangi Pun Memiliki Hutan Pinus, Ini Lokasinya...)

Sejumlah pelaku wisata yang terus intens berkoordinasi adalah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Paguyuban Usaha Tempat Rekreasi (Putri), dan sejumlah pelaku wisata lainnya.

”Kami mengajak semua pihak untuk bikin wisatawan nyaman. Harus aman, bersih, ramah. Yang bisnis agen perjalanan, ya (wisatawan) dilayani dengan baik. Yang bisnis makanan jangan asal menaikkan harga. Insya Allah semua siap memberi pelayanan terbaik. Perilaku sadar wisata ini secara berkelanjutan terus kami dorong ke seluruh masyarakat, khususnya para pelaku usaha pariwisata,” papar Anas.

BARRY KUSUMA Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur.
Wisatawan di Banyuwangi diprediksi berkunjung ke destinasi wisata unggulan seperti Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, Pulau Tabuhan, Bangsring Underwater, Wisata Hutan Pinus Songgon, dan Teluk Hijau.

Anas juga memohon maaf jika Banyuwangi masih memiliki banyak kekurangan untuk menjamu wisatawan, jika wisatawan tidak mendapatkan kamar hotel.

Saat ini, jumlah kamar hotel di Banyuwangi mencapai 3.200 unit, belum termasuk rumah-rumah warga yang disulap menjadi homestay. "Semoga ke depannya bisa dicukupi," katanya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Banyuwangi, MY Bramuda kepada KompasTravel menjelaskan, saat libur akhir tahun sejumlah hotel sudah mengalami lonjakan okupansi.

Hampir semua hotel berbintang membukukan okupansi 100 persen alias semua kamar penuh atau telah dipesan hingga awal Januari 2017.

ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGI Pesona blue fire di Gunung Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
”Beberapa hotel menengah, okupansinya sudah di kisaran 90 persen. Satu-dua hari ini pasti penuh karena banyak wisatawan yang biasanya go show,” jelas Bramuda.

Ia memaparkan, peningkatan pengunjung pada akhir tahun mulai terasa pada 23 Desember dengan rata-rata sebesar 100 persen. Bahkan di destinasi favorit, seperti Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah, lonjakan pengunjung bisa mencapai 400-500 persen.

”Kami juga meminta agar para pelaku wisata bisa memperhatikan masalah kenyamanan dan kebersihan lokasi wisata maupun hotel masing-masing. Kami ingin para wisatawan mendapatkan kesan terbaik selama berada di Banyuwangi,” tambah Bramuda.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X