Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Cirebon Siapkan 26 Agenda Wisata untuk 2017

Kompas.com - 29/12/2016, 15:21 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat akan menyiapkan 26 acara pertunjukan seni dan budaya pada 2017 untuk menyambut wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Cirebon, Dana Kartiman, di Kota Cirebon, Rabu (28/12/2016), mengatakan untuk menarik kunjungan wisatawan, pihaknya akan terus berupaya mengadakan agenda, baik berupa budaya, seni dan yang lainnya.

"Sebagai daerah kunjungan wisata alternatif, Cirebon akan terus berbenah dan juga menjadikan pertunjukan sebagai salah satu tujuan wisatawan untuk berkunjung," katanya.

(BACA: Cirebon Macet? Mari Menyepi Sejenak di Goa Sunyaragi)

Ia menuturkan beberapa kegiatan yang akan digelar tahun depan di antaranya berskala nasional seperti Festival Keraton Nusantara pada 6-11 September 2017. Pada bulan yang sama juga berlangsung kegiatan Gotrasawala.

Pada Februari 2017 akan digelar kegiatan Nadran dan Cap Go Meh, juga beberapa kegiatan kecil yang lain.

KOMPAS.COM/ERVAN HARDOKO Kereta Singa Barong ini dibuat pada 1549 oleh Panembahan Losari dan digunakan semua Sultan Cirebon sejak Sunan Gunung Jati. Di dalam desain kereta kencana ini terdapat akulturasi budaya Islam, Hindu dan China.
"Kami arahkan ke festival rakyat dengan memberdayakan ulang tahun sanggar budaya, hanya saja kami minta perayaan ulang tahun sanggar digelar di hotel agar tidak ribet," ujarnya.

Dari kegiatan tersebut, Kota Cirebon diharapkan menjadi daya tarik wisata dan akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Diharapkan ada beberapa kegiatan bersifat nasional seperti pelatihan, workshop yang skala besar dan ini juga bisa menjadi promosi," kata Dana Kartiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com