Kompas.com - 29/12/2016, 20:16 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

SAUMLAKI, KOMPAS.com - Saumlaki di Kabupaten Maluku Tenggara Barat bisa jadi destinasi wisata pilihan untuk berlibur. Ada aneka obyek wisata yang bisa dikunjungi seperti Monumen Kristus Raja, Monumen Pembaptisan Pertama Orang Olilit, wisata bahari di Pulau Matakus, dan aneka obyek wisat alain.

Saumlaki bisa dijangkau melalui jalur udara mau pun laut dari Kota Ambon. Beberapa maskapai melayani penerbangan ke Saumlaki seperti Garuda Indonesia.

Titik masuk lewat jalur udara adalah Bandara Mathilda Batlayeri. Jika berasal dari Jakarta, Anda bisa mengambil penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta.

(BACA: Bukan di Brasil, Ini Patung Yesus di Ujung Timur Saumlaki)

Maskapai yang bisa dipilih adalah Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, dan Sriwijaya Air. Tiket pesawat ke Ambon dari Jakarta dijual mulai dari Rp 1,4 juta.

Lama perjalanan dari Jakarta ke Ambon sekitar 2 jam 40 menit dengan perbedaan waktu dua jam. Pesawat akan mendarat di Bandara Pattimura, Ambon.

Perjalanan akan dilanjutkan menggunakan pesawat berbadan kecil berjenis ATR 72-600. Maskapai yang menyediakan penerbangan ke Saumlaki dari Ambon yakni Garuda Indonesia dan Wings Air.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pesawat Garuda Indonesia tipe ATR72-600 mendarat di Bandara Mathilda Batlayeri, Saumlaki, Maluku Tenggara Barat, Kamis (8/12/2016). Bandara Mathilda Batlayeri memiliki panjang landasan pacu sekitar 1.641 meter dan lebar 30 meter.
Harga tiket penerbangan dari Ambon ke Saumlaki berkisar mulai dari Rp 700.000. Namun harga tersebut bisa fluktuatif tergantung pada peak season dan hari libur nasional.

Perjalanan kan ditempuh dengan waktu selama 1 jam 40 menit. Anda akan mendarat di Bandara Mathilda Batlayeri tanpa perbedaan waktu.

Untuk jalur laut, Anda bisa memilih transportasi dari PT Pelni dari Pelabuhan Ambon. Kapal yang digunakan adalah KM Kelimutu yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya Jawa Timur.

Namun, jika memilih jalur laut, ada baiknya Anda memastikan jadwal keberangkatan kapal kepada pihak Pelni melalui call center yang tersedia. Perjalanan dari Ambon ke Saumlaki akan ditempuh dalam waktu sekitar dua hari satu malam.

Di Saumlaki, Anda bisa menyewa kendaraan pribadi untuk berkeliling menuju obyek-obyek wisata. Harga penyewaan mobil mulai dari Rp 300.000 untuk mobil sedan selama satu hari di luar biaya bensin dan supir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.