Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Homestay" di Dieng Habis Dipesan Wisatawan

Kompas.com - 30/12/2016, 13:25 WIB

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Ratusan homestay di Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng khususnya Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, habis dipesan wisatawan menjelang tahun baru.

"Berdasarkan pantauan kami, homestay yang di Dieng Kulon yang telah pesan sekitar 90 persen, mungkin hari ini habis. Kalau di desa lain, kami belum memantaunya," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Alif Faozi saat dihubungi dari Purwokerto, Jumat (30/12/2016).

Bahkan, menurut Alif, banyak wisatawan yang datang namun belum memperoleh homestay.

(BACA: Liburan ke Dieng? Jangan Lupa Berfoto di Tembok Ini)

Oleh karena itu rumah-rumah warga yang belum dijadikan homestay namun dinilai layak telah disiapkan untuk menampung wisatawan yang akan menginap.

"Peningkatan pemesanan homestay mulai terjadi sejak tanggal 24 Desember atau menjelang Hari Natal. Kebanyakan wisatawan yang datang berasal dari Jakarta," katanya.

Lebih lanjut, Alif mengatakan di Desa Dieng Kulon saat ini terdapat 160 homestay yang secara keseluruhan menyediakan sekitar 480 kamar, sedangkan di desa lainnya terus berkembang.

Menurut dia, harga sewa kamar berkisar Rp 150.000 hingga Rp 350.000 per hari sesuai fasilitas yang disediakan.

"Akan tetapi selama liburan akhir tahun, harga sewa rata-rata naik sebesar Rp 50.000," katanya.

KOMPAS/ANASTASIA JOICE Kawah Sikidang, selalu mengeluarkan asap dan bau belerang.
Disinggung mengenai kegiatan untuk menyambut tahun baru, Alif mengatakan Karang Taruna Desa Dieng Kulon bekerja sama dengan Pokdarwis Dieng Pandawa serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara telah menyiapkan serangkaian acara.

Menurut Alif, pada Sabtu (31/12/2016) pagi akan ada pergelaran seni tradisional dan malam harinya musik akustik. "Biasanya wisatawan akan menyalakan kembang api sehingga akan kelihatan meriah," katanya.

Alif mengharapkan kondisi cuaca di KWDT Dieng pada malam pergantian tahun tidak hujan. "Kebetulan sejak tadi malam turun hujan. Padahal, dalam beberapa hari terakhir cerah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com