Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keren, Bisa Nonton Perayaan Tahun Baru Dua Kali di Banyuwangi

Kompas.com - 01/01/2017, 15:38 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Masyarakat Banyuwangi khususnya mereka yang tinggal di wilayah kota Banyuwangi bisa menyaksikan dua kali perayaan tahun baru. Kedua perayaan itu berada di Pulau Bali dan juga di Banyuwangi sendiri yang berada di wilayah paling timur Pulau Jawa.

"Bali dan Banyuwangi jaraknya cukup dekat tapi berbedaan waktunya berbeda. Banyuwangi ikut WIB (Waktu Indonesia Barat) sedangkan Bali ikut WITA (Waktu Indonesia Tengah) sehingga tahun baru di Bali lebih cepat satu jam dibandingkan di Jawa," jelas MY Bramuda, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi kepada Kompas.com, Sabtu (31/12/2016).

Karena perbedaan waktu itulah, menurut Bramuda, ribuan masyarakat Banyuwangi akan memenuhi daerah pesisir Banyuwangi yang berhadapan langsung dengan Selat Bali untuk melihat pesta kembang api yang ada di Pulau Bali.

Pada saat siang hari masyarakat bisa melihat jelas beberapa detail bangunan, menara atau pelabuhan dari Banyuwangi ke Bali atau sebaliknya. Mereka juga bisa melihat gemerlap lampu dari Bali saat malam hari.

"Jika di sana jam 12 malam maka di Jawa masih jam 11 malam. Jadi nonton kembang api yang dinyalakan di Pulau Bali, baru kemudian menyaksikan perayaan tahun baru di Jawa," jelas Bramuda.

Ia mengatakan daerah pesisir yang dijadikan masyarakat untuk menonton perayaan akhir tahun adalah Pantai Boom, Pantai Cacalan, Pelabuhan Ketapang, Pantai Watu dodol dan juga Pantai Bangsring serta Pantai Kampe yang relatif dekat dengan Pulau Bali.

Sementara itu Rita Mariana (25) warga kecamatan Srono kepada Kompas.com mengaku sengaja datang ke Pantai Bangsring agar bisa melihat pesta kembang api yang di Bali.

"Dilihat dari seberang sini kan indah sekali. Satu jam kemudian baru perayaan di Banyuwangi," jelas Rita. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com