Kompas.com - 02/01/2017, 11:48 WIB
Kepala Unit PT TWC Chrisna Murti Adiningrum mengalungkan bunga kepada wisman pertama yang masuk ke Candi Borobudur, Minggu (1/1/2017). KOMPAS.COM/IKA FITRIANAKepala Unit PT TWC Chrisna Murti Adiningrum mengalungkan bunga kepada wisman pertama yang masuk ke Candi Borobudur, Minggu (1/1/2017).
|
EditorI Made Asdhiana

MAGELANG, KOMPAS.com - Empat wisatawan mendapat kejutan karena menjadi wisatawan pertama yang masuk ke komplek Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) pada Minggu (1/1/2017).

Empat orang itu terdiri dari dua wisatawan nusantara (wisnus) yakni Faisal dan seorang temannya, asal Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Sedangkan dua orang lainnya adalah wisatawan mancanegara (wisman) yakni pasangan Matia dan Veronica asal Amerika Serikat.

Mereka langsung disambut hangat oleh Kepala Unit PT TWC Chrisnamurti Adiningrum beserta jajarannya begitu masuk melalui gerbang utama (main gate) komplek TWC tepat pukul 06.00 WIB.

Selain mendapat kalungan bunga, mereka juga mendapat suvenir batik khas Borobudur. Lalu mereka diarak oleh belasan pasukan "Bergodo" berpakaian unik menuju lokasi wahana naik gajah.

Mereka pun dengan wajah sumringah naik gajah gratis keliling komplek TWC.

"Tadi malam saya sempat menginap di pom bensin, lalu pagi-pagi saya ke sini (Borobudur) tidak tahunya dapat kejutan begini,” ujar Faizal tersenyum bahagia.

Kepala Unit PT TWC Chrisnamurti Adiningrum menjelaskan kejutan untuk pengunjung perdana ini sudah menjadi tradisi sejak beberapa tahun lalu, sebagai apresiasi kepada wisatawan yang telah rela datang lebih awal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Semoga ini bisa memberikan atraksi menarik bagi pengunjung lainnya karena pengunjung banyak," ujar Chrisna.

Sebelumnya, pada Sabtu (31/12/2016) petang, menurut Chrisna, pihaknya juga memberikan kejutan kepada empat wisatawan paling akhir 2016 yang berada di atas candi Buddha termegah di Indonesia itu.

Empat orang itu adalah pasangan suami-istri Ferinton dan Lina asal Jakarta, Patrick asal Amerika dan Fabian asal Perancis. "Semoga kejutan ini menjadi kenangan indah bagi mereka," ujar Chrisna.

Chrisnamurti menyebut kunjungan wisatawan Candi Borobudur sepanjang 2016 tercatat 3,7 juta orang, dari target 3,8 juta wisatawan. Adapun target kunjungan pada 2017 sebanyak 3,9 juta orang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.