Kompas.com - 03/01/2017, 08:16 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Bagi yang sering bepergian ke luar negeri tentu tak asing dengan paspor. Ya, paspor digunakan untuk identitas untuk pergi ke luar Indonesia.

Paspor sendiri bukan hanya tentang warna sampul atau jumlah halaman. Dari paspor bisa terlihat kekuatan sebuah negara.

Negara Jerman misalnya didaulat sebagai negara memiliki paspor terkuat di dunia. Mengapa demikian?

(BACA: Mengapa Harga E-Paspor Lebih Mahal Dibanding Paspor Biasa?)

Dikutip dari Travel and Leisure, Passpor Index 2016 menyebut pemegang paspor Jerman bisa mengunjungi sebanyak 177 negara di dunia tanpa menggunakan visa. Pemegang paspor Jerman telah menjadi yang terkuat di dunia sejak tahun 2014.

"Banyak orang di seluruh dunia menganggap paspor penghalang untuk peluang mereka dalam kehidupan dan memilih untuk memberdayakan identitas mereka dan jejak global dengan mendapatkan kewarganegaraan kedua melalui investasi," kata President of Arton Capital, Armand Arton dalam siaran pers di laman Passportindex.org.

Setelah Jerman, paspor terkuat di dunia diikuti oleh Swedia, Italia, Swiss, Spanyol, Korea Selatan, dan Inggris. Pemegang paspor Swedia bebas pergi ke 176 negara di Dunia.

(BACA: Ada 4 Warna Sampul Paspor di Dunia, Apa Saja Artinya?)

Pemegang paspor Italia, Swiss, Spanyol, dan Inggris bisa bepergian ke 175 negara di dunia. Sedangkan Belgia, Denmark, Belanda dan Amerika Serikat berada di peringkat empat dengan jumlah akses 174 negara.

Sementara paspor terkuat di negara-negara non-Eropa adalah Korea Selatan dan Singapura.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.