Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bus Wisata "Uncal", Rutenya Keliling Kebun Raya Bogor

Kompas.com - 03/01/2017, 21:35 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat mengoperasikan bus wisata terhitung tanggal 1 Januari 2017. Bus tersebut melayani masyarakat secara gratis berkeliling kota dengan melintasi sistem satu (SSA) seputar Kebun Raya Bogor.

"Untuk tahap awal rute bus keliling SSA Kebun Raya, dengan rute, naik dari Botani Square, lalu turun lagi di titik keberangkatan," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, pada peresmian bus pariwisata di Tugu Kujang, Sabtu (31/12/2016).

Bima menjelaskan, bus memiliki nama Uncal yakni singkatan dari "Unforgettable City Tour at Loveable City". Dalam bahasa Sunda, uncal berarti rusa, yang menjadi simbol dari Istana Bogor.

(BACA: 5 Tempat Wisata Sekitar Bogor yang “Instagramable”)

Bus berwana biru cerah, dirancang sedemikian rupa terlihat menarik dan unik, memiliki kapasitas 25 orang penumpang, dilengkapi 13 tempat duduk yang satu kursi mampu menampung dua penumpang berukuran badan sedang.

"Bus akan dioperasikan setiap Sabtu dan Minggu, siapa yang mau naik, gratis," katanya.

Menurutnya, jumlah bus wisata akan ditambah secara bertahap melalui program CSR perusahaan yang ada di Kota Bogor. Setidaknya dibutuhkan enam bus wisata yang akan melintasi enam wilayah kecamatan di Kota Bogor.

Bus tersebut dirancang khusus tidak menyerupai Bandros dari Kota Bogor. Bus dibuat tidak bertingkat karena mempertimbangkan topografi dan cuaca Kota Bogor yang sering dilanda hujan dan petir, serta banyaknya jumlah pepohonan.

Bus akan dikelola oleh badan hukum koperasi milik Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) yang sudah mengelola bus wisata. Selama pengoperasian, biaya operasional akan dibiayai oleh pihak swasta yang menyumbangkan bus tersebut.

"Alhamdulillah masyarakat sangat apresiasi hadirnya Bus Unchal banyak yang ambil foto dan mau naik," kata Bima.

Kehadiran bus wisata di Kota Bogor disambut positif oleh masyarakat. Menurut Furqon (50) warga Cimahpar, bus itu menambah kebanggaan dan kegembiraan warga. Terlebih menghadapi tahun baru.

"Kehadiran bus Uncal cukup membuat warga bangga dan bergembira, banyak yang penasaran ingin mencoba. Apalagi gratis ini, model bus dirancang dengan dinding terbuka dipagar, sehingga pengguna dapat melihat sekeliling saat bus berjalan mengililingi SSA," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com