Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lasem, Destinasi Wisata Akhir Pekan yang Bakal "Hits" pada Tahun 2017

Kompas.com - 04/01/2017, 08:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Destinasi wisata Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah diprediksi akan memikat wisatawan untuk liburan pada akhir pekan. Letaknya yang strategis dan bernilai sejarah yang tinggi menjadikan Lasem berpotensi secara pariwisata.

"Lasem akan naik daun. Lasem ini kita lihat puya potensi wisata yang bagus. Heritage-nya, kuliner, alam, dan kuliner yang bagus," kata Chief Executive Officer (CEO) Triptrus.com, Brahmantya Sakti saat dihubungi KompasTravel, Selasa (3/1/2017).

Pemantik Lasem bisa menjadi destinasi wisata unggulan adalah status Lasem yang sedang mendaftarkan situs rumah tua yang telah direnovasi ke ajang lomba UNESCO Asia Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation. Menurut Brahmantya, status tersebut bisa menambah daya tarik untuk Lasem.

"Paket wisata ke Lasem juga murah. Bisa jadi weekend gateaway, bisa hari Jumat naik pesawat ke Semarang lalu lajut ke Rembang," jelasnya.

Menurutnya, di Lasem memiliki tempat-tempat berfoto seperti bangunan-bangunan tua yang instagramable. Modal cerita keberagaman budaya di Lasem juga menarik untuk dikulik oleh wisatawan.

"Di sana (Lasem) bisa jadi contoh, China kecil. Sebuah pemukiman kaya China pada zamannya tapi di sana ada pesantren Kauman," tambahnya.

Menurutnya, Lasem memiliki pasar wisatawan yang luas. Ini berarti Lasem cocok dikunjungi oleh segmen wisatawan muda, keluarga, maupun dewasa.

Pondok Pesantren Kauman itu berada di Desa Karangturi. Pesantren itu menempati bangunan khas China yang terlihat dari bentuk arsitektur.

Dikutip dari Kompas, terdapat 241 rumah kuno di kawasan pecinan Lasem. Rumah-rumah tersebut belum ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh pemerintah.

Lasem sebagai kota kecil di pesisir memiliki sejarah panjang dalam menjaga dan mengelola keragaman budaya dan etnis. Lasem sempat berjaya dalam era perdagangan candu di Pulau Jawa pada abad ke-19.

Lasem terletak sekitar 136 kilometer dari Bandara Ahmad Yani, Kota Semarang. Lasem sendiri terletak di pesisir Laut Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com