Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! Festival Durian Ndirun Digelar 25-26 Maret 2017

Kompas.com - 05/01/2017, 07:25 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penggemar durian, mampir ke Kabupaten Banjanegara bisa jadi pilihan. Anda bisa mengikuti acara Festival Durian Ndirun 2017 pada tanggal 25-26 Maret di Dusun Ndirun Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kepala Seksi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Widhy Anggoro Asih mengatakan Festival Durian Ndirun adalah acara yang rutin diselenggarakan. Ia menyebut Festival Durian Ndirun 2017 merupakan acara kali ketiga sejak pertama kali hadir tahun 2015.

"Awalnya keinginan masyarakat untuk mengangkat potensi durian lokal untuk membuat festival durian. Dusun Birun di Desa Singomerto itu memang sentra durian dan banyak kebun durian," kata Widhy saat dihubungi KompasTravel, Rabu (4/1/2017).

(BACA: Bulan April-Mei, Siap-siap Pesta Durian Merah di Banyuwangi)

Kegiatan yang yang bisa diikuti oleh wisatawan dalam Festival Durian Ndirun 2017 seperti mengambil paket tur durian. Widhy mengatakan wisatawan akan diajak dan diajarkan untuk mengenal buah durian, cara memetik durian, cara memilih durian, dan perbedaan jenis durian.

"Kalau tahun kemarin, ada ratusan durian gratis dibagikan. Nanti (Festival Ndirun 2017) ada lelang dan tahun ini dibagikan durian gratis. Ada juga acara seni tradisional," katanya.

Menurutnya, wisatawan nantinya bisa menyantap durian lokal dari yang dipanen dari kebun-kebun durian di Kecamatan Sigaluh. Harga durian yang ditawarkan pada festival itu dijual mulai dari Rp 25.000 per buah.

"Durian lokal Banjarnegara ada durian montong. Kemudian, kemarin (festival tahun 2016) ada varietas baru juga. Mereka menyilangkan durian satu dengan durian lain," ujar Widhy.

Ia mengatakan durian dari Banjarnegara memiliki banyak varietas. Karakteristik durian dari Banjarnegara, menurut Widhy, memiliki rasa yang beragam dari paduan manis, pahit, dan asam.

"Kalau dagingnya gak tebal. Durian montongnya itu khas Banjarnegara," jelasnya.

Desa Singomerto berjarak sekitar 71 kilometer dari Stasiun Purwokerto. Wisatawan bisa menggunakan transportasi ke arah Banjarnegara atau Wonosobo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com