Kompas.com - 05/01/2017, 09:48 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

LONDON, KOMPAS.com - Mendengar kata Burlington Arcade, beberapa gelintir orang yang shopaholic pasti akan terbayang akan barang-barang premium dari jajaran butik mewah. Bayangkan saja, produk termurah di tempat tersebut bernilai 6 poundsterling atau sekitar Rp 100.000.

Namun, produk tersebut bukanlah barang, melainkan jasa semir sepatu yang diberikan seorang pria. Dia menjajakan jasanya di dekat pintu masuk Burlington Arcade dari arah Piccadilly.

Seperti sering kita tonton di film-film, jamak ditemui tukang semir sepatu di sejumlah perbelanjaan di negara-negara Barat. Hal ini tak lepas dari kebiasaan mereka yang selalu berdandan rapi dan menggunakan sepatu kulit, terutama saat bekerja.

Tuntutan pekerjaan yang demikian besar ternyata membuat sejumlah karyawan mencari "pelarian", salah satunya adalah dengan berkunjung ke pusat perbelanjaan saat makan siang untuk sekadar relaksasi.

"Terus terang, orang-orang yang datang sebenarnya tidak butuh banget sepatunya disemir," ujar John Lord, seorang petugas keamanan merangkap pemandu para peserta Media Visit dari Kedutaan Besar Inggris, Rabu (16/11/2016).

(Baca Juga: Dampak Positif "Wonderful Indonesia" di London)

"Mereka datang ke tempat semir sepatu hanya untuk sekadar duduk, membaca koran, atau sekadar mencari teman bicara dan mengobrol dengan tukang semirnya. Itu membuat mereka rileks sejenak dari impitan pekerjaan," tutur Lord.

Jalu W Wirajati/Kompas.com Sembari menunggu sepatu disemir, seorang pengunjung di Burlington Arcade bisa menenggak secangkir kopi yang disediakan. Foto diambil pada 16 November 2016.
Dengan hanya membayar 6 poundsterling, seorang pengunjung tidak saja akan mendapatkan sepatunya menjadi bersih. Dia juga akan mendapatkan secangkir kopi yang bisa membuatnya semakin rileks.

Harga tersebut terbilang murah. Sebagai perbandingan, harga satu cangkir kopi hitam di salah satu gerai ternama sebesar 2,45 poundsterling atau hampir setengah dari harga jasa semir sepatu.

Burlington Arcade memang terletak di wilayah elite Kota London. Harga 6 poundsterling menjadi terlihat "kecil" dibandingkan produk-produk bermerek yang dijual di pedestrian tersebut.

(Baca: Burlington Arcade, Tempat Belanja Mewah atau Sekadar Cuci Mata)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.