Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita soal Tukang Semir Sepatu di Pusat Belanja Mewah London

Kompas.com - 05/01/2017, 09:48 WIB
Jalu Wisnu Wirajati

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Mendengar kata Burlington Arcade, beberapa gelintir orang yang shopaholic pasti akan terbayang akan barang-barang premium dari jajaran butik mewah. Bayangkan saja, produk termurah di tempat tersebut bernilai 6 poundsterling atau sekitar Rp 100.000.

Namun, produk tersebut bukanlah barang, melainkan jasa semir sepatu yang diberikan seorang pria. Dia menjajakan jasanya di dekat pintu masuk Burlington Arcade dari arah Piccadilly.

Seperti sering kita tonton di film-film, jamak ditemui tukang semir sepatu di sejumlah perbelanjaan di negara-negara Barat. Hal ini tak lepas dari kebiasaan mereka yang selalu berdandan rapi dan menggunakan sepatu kulit, terutama saat bekerja.

Tuntutan pekerjaan yang demikian besar ternyata membuat sejumlah karyawan mencari "pelarian", salah satunya adalah dengan berkunjung ke pusat perbelanjaan saat makan siang untuk sekadar relaksasi.

"Terus terang, orang-orang yang datang sebenarnya tidak butuh banget sepatunya disemir," ujar John Lord, seorang petugas keamanan merangkap pemandu para peserta Media Visit dari Kedutaan Besar Inggris, Rabu (16/11/2016).

(Baca Juga: Dampak Positif "Wonderful Indonesia" di London)

"Mereka datang ke tempat semir sepatu hanya untuk sekadar duduk, membaca koran, atau sekadar mencari teman bicara dan mengobrol dengan tukang semirnya. Itu membuat mereka rileks sejenak dari impitan pekerjaan," tutur Lord.

Jalu W Wirajati/Kompas.com Sembari menunggu sepatu disemir, seorang pengunjung di Burlington Arcade bisa menenggak secangkir kopi yang disediakan. Foto diambil pada 16 November 2016.
Dengan hanya membayar 6 poundsterling, seorang pengunjung tidak saja akan mendapatkan sepatunya menjadi bersih. Dia juga akan mendapatkan secangkir kopi yang bisa membuatnya semakin rileks.

Harga tersebut terbilang murah. Sebagai perbandingan, harga satu cangkir kopi hitam di salah satu gerai ternama sebesar 2,45 poundsterling atau hampir setengah dari harga jasa semir sepatu.

Burlington Arcade memang terletak di wilayah elite Kota London. Harga 6 poundsterling menjadi terlihat "kecil" dibandingkan produk-produk bermerek yang dijual di pedestrian tersebut.

(Baca: Burlington Arcade, Tempat Belanja Mewah atau Sekadar Cuci Mata)

Sejumlah produk di pusat belanja tersebut bahkan mungkin jarang didengar oleh orang awam yang tak mengerti dunia fashion.

Ambil contoh N. Peal. Butik tersebut menjual produk kashmir yang identik dengan tokoh agen fiktif Inggris, James Bond. Untuk satu sweater saja, harganya mencapai 229 poundsterling atau sekitar Rp 3,8 juta!

Jalu W Wirajati/Kompas.com Sejumlah pengunjung tampak melakukan window shopping di Burlington Arcade, London, pada Rabu (16/11/2016).
Beberapa toko di shopping arcade ini juga telah mendapatkan status Royal Warrant karena produk mereka punya kualitas bagus dan diakui oleh Kerajaan Inggris. Salah satunya adalah Penhaligon’s, merek parfum yang menjadi pilihan utama Putra Mahkota Inggris, Pangeran Charles.

Jika Anda menempatkan London sebagai destinasi wisata, Burlington Arcade patut dikunjungi. Meski tak berbelanja, Anda bisa sekadar foto-foto karena tempatnya Instagramable dan, tentu saja, bisa rileks dengan meminum kopi sambil menunggu sepatu kita disemir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com