Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Penerbangan Paling Tepat Waktu di Dunia adalah...

Kompas.com - 06/01/2017, 08:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hawaiian Airlines menjadi maskapai penerbangan paling tepat waktu di dunia pada tahun 2016. Hasil itu berdasarkan riset lembaga analis perjalanan udara asal Inggris, OAG, yang dirilis pada Januari 2017.

Dikutip dari situs resmi OAG Punctuality League 2016, maskapai penerbangan Hawaiian Airlines tercatat memiliki tingkat ketepatan waktu (On Time Performance/OTP) sebanyak 89,96 persen selama tahun 2016. Hawaiian Airlines melompat dari peringkat sembilan pada tahun 2015 menjadi peringkat satu pada tahun 2016.

Hawaiian Airlines adalah maskapai yang berasal dari Amerika Serikat. Hawaiian Airlines melayani rute-rute penerbangan menuju ke Tokyo Haneda, Tokyo Narita, Osaka, dan Sapporo.

Posisi kedua ditempati maskapai penerbangan Copa Airlines. Maskapai yang berbasis di Panama City, Meksiko, ini mencatat OTP sebesar 88,75 persen dan mengulang peringkat yang sama pada tahun 2015.

BACA JUGA: Bandara Surabaya Jadi Bandara Paling Tepat Waktu di Dunia

Di peringkat ketiga ada maskapai penerbangan KLM dengan catatan OTP sebesar 87,89 persen. Maskapai asal Belanda ini naik dari peringkat 12 pada tahun 2015 menuju peringkat dua pada tahun 2016.

Laporan OAG Punctuality League 2016 menyediakan data kinerja ketepatan waktu sebagai serangkaian tabel berdasarkan berbagai kategori bandara dan maskapai. OAG menerima data setidaknya 80 persen dari penerbangan terjadwal yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan sebagai syarat mengikuti OAG Punctuality League.

Data OTP tak termasuk kategori lain seperti charter pesawat dan penerbangan tak berpenumpang. Pembatalan penerbangan termasuk ke dalam kriteria syarat untuk mengikuti OAG Punctuality.

BACA JUGA: 10 Maskapai Penerbangan Berbiaya Hemat Terbaik 2016 Versi Skytrax

Peringkat OAG Punctuality League diolah berdasarkan sekitar 54 juta catatan penerbangan selama setahun penuh pada 2016. Hal itu dilakukan untuk menunjukkan kinerja bandara dan maskapai penerbangan terbaik yang dibagi ke dalam beberapa kategori.
 
OAG mendefinisikan OTP sebagai penerbangan yang datang atau berangkat dalam jangka waktu 15 menit dari jadwal waktu kedatangan atau keberangkatan. OAG juga memilih bandara paling tepat waktu di dunia pada tahun 2016. Predikat tersebut jatuh pada Bandara Internasional Juanda Surabaya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com