Sate Taichan, Makanan "Ngehit" dengan Untung Menggiurkan

Kompas.com - 06/01/2017, 09:06 WIB
Sate taichan adalah sate ayam tanpa bumbu kecap dan bumbu kacang. Kompas.com/Silvita AgmasariSate taichan adalah sate ayam tanpa bumbu kecap dan bumbu kacang.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Sate taichan adalah sate ayam yang dibakar tanpa kecap dan bumbu kacang. Hidangan ini berawal dari pedagang kaki lima di daerah Senayan, dan kini menyebar sampai seluruh Indonesia.

Sate taichan kini dijajakan di berbagai kota, dari Medan sampai Jayapur. Sate yang juga disebut sate putih ini memang sedang populer di kalangan masyarakat. Tak heran banyak penjual sate taichan bermunculan.

Salah satu penjual sate taichan adalah Lerry Mario, akrab disapa Rio, yang membuka Sate Taichan Kemang awal tahun 2015.

"Sate Taichan Kemang ini dari awal 2015. Idenya muncul waktu saya mencoba sate taichan di Senayan," kata Rio saat ditemui KompasTravel di kedainya yang berlokasi di Kemang, Rabu (4/1/2017).

BACA JUGA: Inikah Asal Usul Sate Taichan?

Dua tahun membuka kedai sate taichan, Rio saat ini telah berhasil membuka 12 kedai Sate Taichan Kemang, dengan delapan franchise di Makassar, satu di Manado, dan tiga di Jakarta. 

"Kalau untuk franchise harga paketnya itu Rp 20-25 juta. Di Sate Taichan Kemang yang ini (yang berlokasi di Kemang) saya bisa jual 1.500 sampai 2.000 tusuk per hari. Dengan untung bersih Rp 3 juta sehari," kata Rio yang juga seorang disk jockey

BACA JUGA: Ada yang Berubah dari Sate Taichan Senayan...

Pantauan KompasTravel saat berkunjung ke kedai Sate Taichan Kemang, dari pukul 20.00-21.00 WIB, selalu ada pembeli yang mampir. Kebanyakan adalah ojek online yang bertugas menjadi perantara Sate Taichan Kemang ke pembeli.

"Ojek online sangat membantu sekali. Media sosial juga di zaman digital ini juga berperan penting," kata Rio. 

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Sate Taichan merupakan daging ayam yang putih ditusuk dan dibakar, lalu dilumuri bumbu khas taichan yang bercitarasa asam, asin, dan pedas.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X