Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Januari-November 2016, Lebih 1,3 Juta Turis China ke Indonesia

Kompas.com - 07/01/2017, 21:14 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal China sepanjang bulan Januari-November 2016 sebanyak 1.340.760 orang.

Jumlah tersebut bersumber dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Badan Pusat Statistik yang diolah oleh Asisten Deputi Litbangjakpar Kementerian Pariwisata.

Kementerian Pariwisata menghimpun jumlah kunjungan wisatawan China melalui 19 pintu masuk utama. Jenis pintu masuk utama ke Indonesia adalah melalui darat, laut, dan udara.

(BACA: Indonesia, "The Famous Next Destination" dari China Travel and Leisure)

Dari data jumlah kunjungan wisman menurut pintu masuk dan kebangsaan dari Kementerian Pariwisata yang diterima KompasTravel terlihat wisatawan asal China banyak masuk melalui pintu masuk yakni Bandara Ngurah Rai Bali.

KOMPAS/JEAN RIZAL LAYUCK Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyambut rombongan turis asal Tiongkok, di Manado, September 2016 lalu.
Jumlah wsatawan China yang masuk melalui Bandara Ngurah Rai sebanyak 886.231 orang. Sementara di posisi kedua adalah melalui Bandara Soekarno-Hatta, Banten yakni sebanyak 306.718 orang.

Data tersebut juga memerlihatkan bahwa turis China masuk ke Indonesia masuk melalui 19 pintu utama kecuali melewati Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Sementara, turis China masuk melalui Bandara Adi Soemarmo, Jawa Tengah sebanyak 15 orang.

Adapun 19 pintu masuk utama wisman adalah Soekarno-Hatta, Ngurah Rai, Kualanamu, Batam, Sam Ratulangi, Juanda, Entikong, Adi Soemarmo, Minangkau, Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Pinang, Bandara Internasional Lombok, Hasanuddin, Sepinggan, Sultan Syarif Kasim II, Adi Sucipto, Husein Sastranegara, Pelabuhan Tanjung Uban, dan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

EKA JUNI ARTAWAN Wisatawan usai mengunjungi Pulau Penyu, di Tanjung Benoa, Bali.
Turis China sendiri menyumbang 13,10 persen dari total jumlah kunjungan wisman pada bulan November 2016. Jumlah turis China pada bulan November 2016 yakni sebanyak 119.338 orang.

Kunjungan wisman ke Indonesia sepanjang Januari-November 2016 sebanyak 10.405.947 orang. Lima negara terbesar penyumbang wisman untuk Indonesia sepanjang 2016 adalah Singapura, China, Malaysia, Jepang, dan Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com