Kompas.com - 08/01/2017, 08:07 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 30.847 wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Nusa Tenggara Barat sepanjang tahun 2016. Jumlah tersebut berdasarkan catatan TNGR yang dirilis pada tanggal 5 Januari 2017.

Wisman yang berkunjung ke TNGR didominasi oleh negara Amerika Serikat, Belanda, Jerman, Malaysia, Singapura, dan Perancis. Jumlah wisman sepanjang tahun 2016 naik sebanyak 3.661 orang.

Kepala Balai Besar TNGR, Agus Budi Santosa mengatakan sebagian besar wisman berada di TNGR selama dua hari satu malam. Agus menyebut alasan wisman datang ke TNGR dengan tujuan puncak Gunung Rinjani.

"Mereka (wisman) datang sebagian besar karena sedang berwisata di Bali, Lombok, atau Komodo (Nusa Tenggara Timur), tidak khusus untuk naik gunung (Rinjani)," ujar Agus.

Ia menjelaskan wisman yang berasal dari Malaysia dan Singapura didominasi oleh kalangan muda. Agus mengatakan konektivitas antar destinasi wisata adalah hal yang menarik.

Pada tahun 2012 wisman yang berkunjung ke TNGR sebanyak 10.956 orang dan tahun 2013 sebanyak 17.634 orang. Sedangkan tahun 2014 sebanyak 24.176 orang dan tahun 2015 sebanyak 27.186 orang.

KOMPAS IMAGES / FIKRIA HIDAYAT Pendakian sisi timur Gunung Barujari di kaldera Gunung Rinjani (3.726 m), Jumat (30/9/2011). Rinjani merupakan bagian dari Gunung Samalas yang meletus hingga melumpuhkan dunia pada tahun 1257. Superletusan mengakibatkan terbentuknya kaldera dan danau.
Data tersebut memerlihatkan grafik kenaikan kunjungan wisman selama lima tahun terakhir.
Sementara, wisatawan nusantara (wisnus) yang berkunjung ke TNGR pada tahun 2016 sebanyak 61.117 orang.

Jika dijumlah antara kunjungan wisman dan wisnus ke TNGR sepanjang tahun 2016 adalah 91.412 orang.

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung yang berstatus aktif di Indonesia. Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan puncak di ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.