Jelajah Wisata Liar Tasikmalaya lewat Motor Trail Adventure

Kompas.com - 08/01/2017, 17:48 WIB
Peserta komunitas pecinta motor trail adventure se-Jawa Barat berwisata menjajal pegunungan dan perbukitan wisata liar di kawasan Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (8/1/2017). KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHAPeserta komunitas pecinta motor trail adventure se-Jawa Barat berwisata menjajal pegunungan dan perbukitan wisata liar di kawasan Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (8/1/2017).
|
EditorI Made Asdhiana

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat, sejak dulu dikenal dengan daerah seribu bukit dan area pegunungan terjal serta menantang bagi para pecinta wisata liar lewat otomotif.

Meski kondisi saat ini bukit dan gunung habis oleh penambangan galian C ilegal dengan dalih perluasan lahan perkotaan, di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya masih menyimpan beberapa area perbukitan dan pegunungan yang masih tak terganggu.

Salah satu langkah kepedulian menjaga kelestarian lingkungan alam dilakukan oleh para pecinta otomotif motor trail.

Beberapa wilayah perbukitan dan pegunungan dipakai sarana jalur petualangan para pecinta salah satu olahraga ekstrem tersebut.

Salah satu wilayah perbukitan yang dijadikan trek jalur wisata ektsrem tersebut adalah Bukit Urug Kawalu, Cilendek, Sarebu, Tandala, Kebon Karet, Cidarengdeng, sampai Babakan Waru Salopa.

Diharapkan dengan pemanfaatan jalur otomatif trail di Tasikmalaya ini akan mampu melestarikan alam dan mencegah eksploitasi pegunungan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Polres Tasikmalaya Kota pun menggelar event sehari penuh Trail Adventure dengan peserta para pecinta otomotif seluruh daerah di Jawa Barat. Diikuti hampir 1.000 peserta motor trail yang menjelajah keindahan lama pegunungan dan perbukitan Tasikmalaya pada Minggu (8/1/2017).

"Event trail ini diselenggarakan untuk mengenalkan alam lingkungan Tasik, dan sekaligus wisata alam melalui pecinta otomotif motor trail," jelas Kepala Polres Tasikmalaya Kota AKBP Arif Fajarudin.

Dengan menjamurnya komunitas pecinta trail adventure ini diharapkan ikut mendongkrak potensi wisata alam liar di kawasan Tasikmalaya. Sekaligus acara ini akan mampu menjadi wadah yang positif bagi para pecinta oromotif di Jawa Barat.

"Kegiatan ini juga ke depannya akan mampu meningkatkan potensi wisata alam," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X