Kompas.com - 10/01/2017, 12:03 WIB
Seorang pramugari Garuda Indonesia menggendong penumpang lanjut usia beberapa waktu lalu. Foto ini menjadi viral di media sosial. ISTIMEWASeorang pramugari Garuda Indonesia menggendong penumpang lanjut usia beberapa waktu lalu. Foto ini menjadi viral di media sosial.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya pada Senin (9/1/2017) memberikan penghargaan kepada dua pramugari Garuda Indonesia setelah menjadi sorotan media massa dan media sosial karena membantu perempuan lanjut usia keluar dari pesawat.

Penghargaan itu diberikan Menhub kepada dua pramugari tersebut karena telah menunjukkan sebuah kepedulian sekaligus bukti akan pelayanan yang profesional. Mereka juga disebut-sebut dapat menjadi contoh keteladanan dalam memberikan pelayanan kepada penumpang.

"Spontanitas untuk membantu penumpang yang membutuhkan pertolongan itu sangatlah perlu bagi pelayanan di industri jasa transportasi. Spirit melayani dengan tulus telah memberi warna tersendiri. Biarlah dedikasi ini memberi inspirasi bagi yang lainnya dan teruslah melayani dengan tulus," kata Menteri Perhubungan dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Senin (9/1/2017).

BACA JUGA: Cerita Pramugari Garuda yang Gendong Seorang Nenek di Pesawat

Penghargaan kepada karyawan dan siapa pun yang dinilai melakukan tindakan atau memberikan pelayanan yang luar biasa kepada stakeholder transportasi adalah hal yang rutin diberikan oleh Menhub. Begitu juga saat petugas bandara saat menggagalkan berbagai tindakan penyelundupan atau tindakan signifikan lainnya dalam menegakkan aturan dalam dunia perhubungan.

Dua pramugari maskapai nasional itu adalah Vera (pramugari yunior) dan Ninik Septinawati (Flight Service Manager). Mereka dipanggil secara khusus oleh Menhub Budi Karya dengan didampingi Direktur Pelayanan Garuda Indonesia Nicodemus P Lampe.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah itu Menhub juga mengundang makan siang dan berakhir dengan acara selfie bersama. Aksi kedua pramugari itu menjadi pembicaraan hangat di media sosial dan media massa. Mereka membantu penumpang perempuan lanjut usia yang membutuhkan kursi roda untuk bisa keluar dari pesawat dan melanjutkan ke penerbangan berikutnya pada Sabtu (7/1/2017) siang pekan lalu.

BACA JUGA: Mengapa Pramugari Sampai Perlu Gendong Penumpang?

Vera (19) yang bertubuh tinggi bahkan berinisiatif menggendong sang nenek agar bisa duduk di kursi roda yang berada di pintu depan pesawat. Sementara sang pramugari seniornya, Ninik, menjaga keduanya dari depan.

Tindakan tersebut lantas difoto oleh salah seorang penumpang dan diunggah di media sosial.

"Saya spontan saja menawarkan diri untuk membantu dan menggendongnya karena saya pikir ini sudah menjadi bagian dari pelayanan kami selaku pramugari Garuda," ujar Vera.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X