Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wonderful Indonesia Akan Ramaikan Matka-Nordic Travel Fair di Finlandia

Kompas.com - 11/01/2017, 16:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan mengikuti perhelatan Matka–Nordic Travel Fair pada 19–22 Januari 2017 di Messukeskus, Helsinki, Finlandia.

Deputi Pemasaran Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana, mengatakan demi melanjutkan kesuksesan pencapaian target di tahun 2016, pada tahun 2017 ini Kemenpar terus memperlihatkan optimismenya. Kemenpar mencanangkan target 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) yang diharapkan akan menghasilkan devisa sebesar 14,9 miliar dollar AS pada tahun 2017.

”Eropa sebagai salah satu sumber originasi wisman utama, tahun ini ditargetkan akan mampu mendatangkan 2,1 juta wisman ke Indonesia. Lebih khusus lagi, sebagai salah satu bagian dari pasar Eropa, pasar Nordic memiliki potensi yang besar sebagai originasi wisman. Dengan jumlah populasi sebanyak 27 juta jiwa dan rata-rata penghasilan per kapita sebesar 55.235 dollar AS, pasar Nordic adalah pasar yang diperhitungkan sebagai salah satu originasi wisman Eropa ke Indonesia,” beber Pitana dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Rabu (11/1/2017).

BACA JUGA: 2017, Kemenpar Targetkan 400.000 Turis Muslim

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kemenpar Nia Niscaya menambahkan, tahun 2015, jumlah wisman Nordic yang ke Indonesia sebanyak 98.960 orang. Jumlah tersebut diprediksi meningkat di tahun 2016 karena sampai bulan Oktober jumlah wisman Nordic sudah tercatat sebanyak 95.196 orang, dan diprediksi akan meningkat sampai akhir tahun.

Nia mengatakan promosi Wonderful Indonesia di pasar Nordic dianggap sebagai langkah yang strategis dilihat peningkatan jumlah wisman Nordic yang terus tumbuh dari tahun ke tahun.

”Maka dari itu kami menjadi bagian dari pameran ini. Ini adalah pameran pariwisata terbesar di kawasan Eropa Utara dan diakui sebagai event terbaik untuk masuk ke pasar Nordic, Baltic, dan Rusia,” beber Nia.

BACA JUGA: Kemenpar Siap Bantu Grup Band Promosikan Indonesia Lewat Video Klip

Nia menyebut tahun ini Indonesia menargetkan hasil yang lebih baik daripada tahun sebelumnya yaitu sebesar 3 persen. Nia memaparkan, Kemenpar akan menggandeng enam industri pariwisata yang terdiri dari 1 (satu) Destination Management Company/ Organization (DMC/DMO), 3 (tiga) tour agents/tour operator (TA/TO), dan 1 (satu) hotel.

”Untuk meramaikan pavilion Indonesia, Indonesia juga akan menampilkan tari-tarian tradisional dan minuman khas yang akan disajikan selama pameran berlangsung. Wonderful Indonesia Explores Further adalah tagline yang diusung Kementerian Pariwisata untuk menunjukkan kekayaan alam, kerajinan yang unik, musik, berbagai kekayaan kuliner, destinasi wisata, dan yang paling utama adalah keragaman dan keramahan masyarakatnya,” papar Nia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com