Kompas.com - 12/01/2017, 06:29 WIB
Pendaki tengah melewati medan di awal pendakian Pos Camp David Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, Minggu (21/2/2016) pagi. Medan yang dilalui didominasi oleh batuan beku dan belerang. KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoPendaki tengah melewati medan di awal pendakian Pos Camp David Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, Minggu (21/2/2016) pagi. Medan yang dilalui didominasi oleh batuan beku dan belerang.
EditorI Made Asdhiana

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengembangkan obyek wisata vulkanik di Talaga Bodas dan Papandayan yang memiliki destinasi wisata berbeda daripada daerah lain.

"Kita akan dorong pembangunan wisata vulkanik di Talaga Bodas dan Papandayan," kata Bupati Garut, Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Rabu (11/1/2017).

Ia menuturkan, obyek wisata vulkanik Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan dan Talaga Bodas di Kecamatan Pangatikan itu memiliki potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan.

"Wisata vulkanik di kita itu banyak diminati bahkan dijadikan event yang diikuti berbagai negara," katanya.

(BACA: Cipanas Garut, Destinasi Favorit Wisatawan)

Rudy menyampaikan, upaya mendorong pembangunan wisata tersebut tidak pada kawasan wisatanya, karena berbenturan dengan kewenangan wilayah.

Gunung Papandayan dan Talaga Bodas, menurut Rudy, kewenangan sepenuhnya bukan pada Pemerintah Kabupaten Garut, tetapi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Papandayan sama Talaga Bodas itu kewenangannya BKSDA, upaya kita Pemkab Garut seperti memperbaiki jalan," katanya.

(BACA: Mudik Lewat Garut, Mampir Dulu ke 5 Destinasi Ini)

Ia menambahkan, upaya Pemkab Garut dalam mendorong wisata tersebut selain memperbaiki jalan, juga mempromosikan wisata agar dapat diketahui oleh masyarakat dan mau berwisata ke Garut.

BARRY KUSUMA Talaga Bodas di Garut, Jawa Barat.
Sedangkan pembangunan fasilitas di kawasan wisata dibangun oleh pihak swasta yang mau bekerja sama dalam pengembangan wisata tersebut.

"Seperti membangun fasilitas itu bisa sama swasta, kita lakukan promosi," katanya.

Kawasan wisata vulkanik Gunung Papandayan berada di jalur menuju selatan Garut sedangkan Talaga Bodas di jalur utara Garut yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Obyek wisata itu menyuguhkan keindahan alam bekas letusan gunung dan kawah di Gunung Papandayan, sedangkan di Talaga Bodas terdapat danau kawah.



Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X