Kompas.com - 12/01/2017, 11:06 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya sedikit coffee shop yang menjual makanan dengan porsi mengeyangkan. Kebanyakan kafe saat ini berfokus pada rasa kopi yang disuguhkan. Namun semua coffee shop hanya berfokus pada kopi. Blacklisted Coffee menjual makanan dengan porsi besar dan rasa yang menjanjikan.

"Nama Blacklisted diambil karena terinspirasi dari tahun 1675 di Kerajaan Inggris. Raja Charles II melarang coffee house di sana. Karena dia berprasangka orang yang suka kopi itu kreatif dan bisa kudeta menggulingkan pemerintahan. Larangan tersebut tidak membuat orang takut, mereka tetap ngopi," kata Diana Samuel, District Manager Din Tai Fung yang bernaung dalam satu grup dengan Blacklisted Coffee, Selasa (9/1/2017).

BACA JUGA: Hangatnya Racikan Kopi Berpadu Rempah

Berbeda dengan kafe lainnya, makanan di Blacklisted tak hanya camilan. Banyak main course yang dihidangkan mulai dari burger, steak, pasta, sampai makanan khas Indonesia. KompasTravel mencicipi beberapa hidangan seperti Salted Egg Croissant dan Double Decker Chicken Burger di gerai Blacklisted Lotte Shopping Avenue. 

Kompas.com/Silvita Agmasari Double decker chicken burger di Blacklisted Coffee.

Double Decker Chicken Burger memiliki porsi yang besar dan mengeyangkan. Rasanya juga nikmat. Begitu pula dengan Salted Egg Croissant yang rotinya terasa fresh dengan isian krim manis bercampur asin dari telur asin merah. "Di Blacklisted konsep makanannya lebih home made, jadi untuk saus, roti, itu kami memang buat sendiri," kata Diana.

BACA JUGA: Kopi Digiling Bukan Digunting

Selain itu, keunggulan lain dari Blacklisted menurut Diana adalah biji kopi campuran dari berbagai daerah yang di-roasting sendiri.

"Ada dua, yang satu adalah house blend buatan juri World Championship Barista, Saxon Wright. Dia mencampur biji kopi dari Brazil, Etiopia, dan Honduras. Kedua ada local blend, campuran dari biji kopi Toraja, Mandailing, dan Gayo yang diberi nama Dark Maple," kata Diana.

 

Kompas.com/Silvita Agmasari Salted caramel coffee latte

Untuk kopi, saya mencoba Salted Caramel Latte yang disajikan panas. Campuran kopi dan susunya terasa pas, dengan tambahan salted caramel yang menimbulkan sensasi asin dan manis. Sayang kopi sudah tercampur dengan gula sehingga sulit mengatur komposisi manis dan agak terlalu manis untuk saya.

BACA JUGA: Perjalanan Panjang Biji Kopi hingga ke Cangkir Anda

Harga minuman di Blacklisted berkisar dari Rp 15.000 - Rp 48.000, harga normal untuk kafe kopi di pusat perbelanjaan Jakarta. Sedangkan makanannya dihargai Rp 32.000 - Rp 179.000 per porsi.

Blacklisted Coffee dibuka sejak tahun 2012. Saat ini Blacklisted memiliki cabang di Puri Indah Mall, Pondok Indah Mall, dan Lotte Shopping Avenue. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.