Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Bahan dan Doa Wajib dalam Hidangan Imlek "Yu Sheng"

Kompas.com - 12/01/2017, 13:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari raya akan lebih menyenangkan jika dihabiskan bersama orang-orang terdekat. Bagi Anda yang merayakan Tahun Baru China alias Imlek, tak ada salahnya membuat hidangan yu sheng.

"Yu sheng itu makanan khas di Singapura, bukan di Indonesia. Kalau di Indonesia makannya bandeng. Memang seperti salad, pakai sayur dan ikan," kata Guru Besar Program Studi China Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Hermina Sutami saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

BACA JUGA: Panduan Lengkap Menyantap Yu Sheng Saat Rayakan Imlek

Untuk membuat yu sheng di rumah sebenanrya tak begitu sulit, sebab rata-rata bahan yu sheng adalah mentah alias tak perlu diolah. Hal yang patut diperhatikan jutsru penggunaan bahan karena masing-masing bahan makanan memiliki filosofi yang mewakili kemakmuran, nasib baik, dan pengharapan rezeki.
 
Berikut adalah 9 bahan makanan untuk membuat yu sheng beserta artinya lewat keterangan yang KompasTravel terima dari restoran Din Tai Fung. Siapa tau menginspirasi Anda untuk membuatnya sendiri:
 
1. Ikan
Ikan yang digunakan untuk membuat yu sheng bisa daging ikan salmon atau tuna mentah yang segar. Doa yang disebutkan adalah "Nian Nian You Yu" atau sepanjang tahun berkelimpahan rezeki. 
 
2. Biji wijen
Biji wijen yang digunakan adalah biji wijen sangrai, dengan doa yang dipanjatkan "Sheng yi xing long" yang artinya bisnis yang berjalan baik. Biji wijen sendiri adalah simbol dari bisnis yang terus berkembang.
 
3. Kacang tanah
Cacahan kacang tanah melambangkan rumah tangga yang dipenuhi emas dan perak dengan doa "Jin Yin Man Wu".
 
4. Lobak putih
Lobak putih dapat diparut atau diiris tipis. Lobak melambangkan kemajuan yang siginfikan khususnya dalam pekerjaan mendapat promosi dengan doa "Feng Sheng Shui Qi, Bu bu gao sheng".
 
5. Wortel
Sama seperti lobak, wortel juga diparut atau diiris tipis. Wortel adalah lambang dari berkah atau nasib baik dengan doa yang dipanjatkan, "Hong yun dang taou."
 
6. Lobak hijau
Bahan ini melambangkan usia muda dan diolah dengan cara yang sama seperti lobak putih juga wortel. "Qing Chun Chang Zhu" adalah doa yang dipanjatkan agar selalu muda.
 
7. Minyak wijen
"Yi ben wan li, cai yuan guang jin" yang artinya adalah keuntungan yang belipat ganda dan sumber kekayaan yang berlimpah. Minyak wijen melambangkan rezeki yang terus mengalir.
 
8. Jeruk bali atau jus lemon
Jeruk bali dan jus lemon disirimkan ke ikan yang melambangkan menambah keberuntungan dan nilai yang berharga dengan doa "Da ji da li."
 
9. Keripik
Bisa juga digantikan kulit pangsit goreng sebagai harapan dari bantal emas atau lambang dari emas yang berkelimpahan dengan doa "Man di huang jin".
 
Sebagai tambahan bahan di atas, umumnya ditambahkan sari buah plum, lada putih, minyak zaitun, wijen panggang, dan kayu manis bubuk untuk menambah nikamt rasa yu sheng.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com