Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Ade Iskandar, Pemenang Rp 9,3 Miliar dari Bandara Changi

Kompas.com - 16/01/2017, 08:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Pada Oktober 2016, Ade Iskandar Roni menyambangi Singapura untuk kali pertama. Dia melakukan traveling bersama seorang kawannya. Sebelum pulang ke Tanah Air, Ade membeli kaus Adidas seharga 50 dollar Singapura (Rp 466.000) di Terminal 3 Bandara Changi.

Itu adalah jumlah minimal bagi pengunjung Bandara Changi untuk mengikuti lucky draw bertajuk "Be a Changi Millionaire". Tak disangka-sangka, Ade memenangi lucky draw tersebut dan mendapatkan 1 juta dollar Singapura. Jumlah tersebut, jika dirupiahkan, senilai Rp 9,3 miliar. 

"Saya sangat senang sekaligus gugup. Saya hampir tak percaya," tutur Ade (39), seperti dilansir The Straits Times, Minggu (15/1/2017).

Ade adalah pria yang bekerja sebagai procurement di sebuah perusahaan telekomunikasi di Jakarta. Pria tersebut memiliki lima orang anak. Ketika ditanya hal apa yang akan dilakukan Ade dengan uang sebanyak itu, dia menjawab ingin membawa keluarganya sebanyak 30-40 orang ke Tanah Suci.

"Saya ingin membawa seluruh keluarga saya ke Mekkah. Mungkin membeli rumah baru, mobil baru," tuturnya. 

BACA JUGA: Turis Indonesia Menangkan 1 Juta Dollar Singapura dari Bandara Changi

Bandara Changi pun merilis siaran pers tentang kemenangan Ade sebagai "newest millionaire". Ade berhasil menggusur tujuh kandidat lainnya yang berasal dari Australia, China, India, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan tentunya Indonesia. Tujuh kandidat tersebut masing-masing akhirnya mendapatkan 5.000 dollar Singapura (Rp 46 juta).

Persaingan yang dilalui tujuh kandidat ini tidaklah gampang. Berdelapan dengan Ade, mereka harus menyelesaikan permainan di Bandara Changi. Pertama, mereka harus check in lewat kios Fast and Seamless Travel (FAST) dan menyelesaikan puzzle. Kemudian, mereka harus memilih boarding gate yang benar sebelum memasuki ronde ketiga, yakni shopping dan dining. 

Pada ronde ini, delapan kandidat tersebut harus memilih dua barang yang jumlahnya menentukan lucky price yang telah dijelaskan pada awal permainan. Tiga kandidat tereliminasi pada babak ini.

Saat kandidat tereliminasi menjadi dua orang, yakni Ade dan seorang turis India bernama Animesh Singh, persaingan menjadi semakin ketat. Ade berhasil memasukkan travel adaptor ukuran raksasa di podium seusai lima kali percobaan. Sahabat Ade yang merupakan travel partner-nya di Singapura beberapa bulan lalu pun ikut hadir untuk mendukung Ade.

BACA JUGA: Cara Bandara Changi Melayani Wisatawan Indonesia

Saat diumumkan sebagai pemenang, air mata bahagia membanjiri wajah Ade.

"Saya tidak bisa membayangkan betapa banyak (bentuk fisik) satu juta dollar Singapura. Pasti menumpuk!" tutur dia.

Dalam siaran pers yang dirilis di situs Bandara Changi, Lim Peck Hoon selaku Executive Vice President of Commercial Changi Airport menyebutkan, "Kami mengucapkan selamat kepada Ade Iskandar, pemenang Changi Millionaire ketujuh. Kami juga ingin berterima kasih kepada semua pengunjung yang berbelanja di sini sepanjang tahun lalu."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com