10 Negara dengan Paspor Terkuat Tahun 2017

Kompas.com - 17/01/2017, 19:08 WIB
Paspor www.passportindex.orgPaspor
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Situs Passport Index kembali mengumumkan peringkat paspor terkuat. Sama seperti tahun lalu, Jerman menduduki peringkat pertama. Pemegang paspor Jerman mendapatkan bebas visa ke 157 negara di dunia.

BACA JUGA: Inikah Negara Pemegang Paspor Terkuat di Dunia?

Peringkat kedua ditempati oleh Swedia dan Singapura, masing-masing memiliki bebas visa ke 156 negara. Satu peringkat di bawahnya ada Denmark, Finlandia, Perancis, Spanyol, Swiss, Norwegia, Inggris, dan AS yang memiliki bebas visa ke 155 negara.

Mengutip situs resmi Passport Index, Selasa (17/1/2016), tahun ini Singapura menyalip Korea Selatan sebagai negara dengan paspor terkuat di Asia. Sementara itu, negara lain di Asia yakni Jepang menduduki peringkat keempat. Setara dengan beberapa negara Eropa yakni Italia, Belanda, dan Belgia dengan jumlah bebas visa ke 154 negara.

Metode penelitian yang dilakukan Passport Index adalah berdasarkan penghitungan Visa-Free Score (VFS), yang merupakan gabungan dari jumlah visa free atau bebas visa (VF) dan visa on arrival (VOA). 

Jumlah negara yang berpartisipasi adalah 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)dan enam wilayah teritorial (Taiwan, Macau, Hongkong, Kosovo, Palestina, dan Vatican) sehingga dihitung menjadi 199 negara.

Berikut 10 peringkat negara dengan paspor terkuat di dunia:

1. 157 : Jerman

2. 156 : Singapura, Swedia

3. 155 : Denmark, Finlandia, Perancis, Spanyol, Swiss, Norwegia, Inggris, AS

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X