Seberapa Kuatkah Pengaruh Paspor Indonesia?

Kompas.com - 17/01/2017, 21:06 WIB
Mengajukan paspor baru atau mengurus penggantian paspor lebih mudah dan nyaman secara online. KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMANMengajukan paspor baru atau mengurus penggantian paspor lebih mudah dan nyaman secara online.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Situs Passport Index merilis daftar negara dengan paspor terkuat hingga terlemah di dunia tahun 2017.

Sama seperti tahun lalu, Jerman menduduki peringkat pertama. Pemegang paspor Jerman mendapatkan bebas visa ke 157 negara di dunia. 

Peringkat kedua ditempati oleh Swedia dan Singapura, masing-masing memiliki bebas visa ke 156 negara. Satu peringkat di bawahnya ada Denmark, Finlandia, Perancis, Spanyol, Swiss, Norwegia, Inggris, dan AS yang memiliki bebas visa ke 155 negara.

BACA JUGA: 10 Negara dengan Paspor Terkuat Tahun 2017

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Mengutip situs resmi Passport Index, Selasa (17/1/2016), Indonesia menempati peringkat ke-67 bersama tiga negara lainnya yakni Ghana, Uganda, dan Mongolia.

Pemegang paspor Indonesia memiliki bebas visa menuju 57 negara. Satu peringkat di bawah Indonesia adalah Uganda, yang memiliki bebas visa menuju 56 negara.

Di Benua Asia sendiri, kekuatan paspor Indonesia bisa dibilang masih lemah. Indonesia menempati peringkat ke-28 dari 50 negara. Bahkan, Timor Leste memiliki paspor lebih kuat dengan bebas visa ke 84 negara.

Berikut daftar negara-negara Asia dengan paspor terkuat tahun 2017: 

1. Singapura

2. Jepang

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X