Indonesia Berupaya Jaring Lebih Banyak Wisatawan Spanyol

Kompas.com - 17/01/2017, 21:46 WIB
Beginilah cara-cara kreatif dan unik yang dilakukan warga Valencia, Spanyol, Kamis (12/11/2015), untuk menarik perhatian wisatawan atau warga yang lalu lalang berjalan kaki di kota tersebut. Foto bersama tentu sangat diharapkan. Sebagai imbalan, berikan koin euro di tempat yang tersedia. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANABeginilah cara-cara kreatif dan unik yang dilakukan warga Valencia, Spanyol, Kamis (12/11/2015), untuk menarik perhatian wisatawan atau warga yang lalu lalang berjalan kaki di kota tersebut. Foto bersama tentu sangat diharapkan. Sebagai imbalan, berikan koin euro di tempat yang tersedia.
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia berupaya menjaring lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) dari Spanyol dan negara Eropa lainnya melalui pameran pariwisata dan perdagangan skala internasional Fitur 2017 di Madrid, Spanyol.

Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Nia Niscaya di Jakarta, Minggu (15/1/2017), mengatakan Indonesia turut serta ambil bagian dalam pameran untuk pasar Eropa khususnya Spanyol yang digelar di IFEMA, Feria de Madrid.

Dalam ajang tersebut Indonesia menempati lokasi di Hall 6 stand Nomor 6D07.

"Selama tiga hari acara bisnis dan dua hari bursa pameran pariwisata berbasis consumer, kami bersama 19 praktisi pariwisata dari Indonesia akan menawarkan lebih banyak destinasi dan daya tarik wisata di Indonesia kepada para pengunjung acara ini yang hadir," katanya.

(BACA: Asyik, Ramai-ramai Memasak Nasi Goreng ala Spanyol)

Fitur 2017 akan berlangsung pada 18-22 Januari 2017 dan Kemenpar menggandeng 12 biro perjalanan/tour operator, 6 hotel/resort, dan satu DMC untuk turut serta mempromosikan Wonderful Indonesia bagi pasar Eropa.

Nia mengatakan, ajang tersebut sangat potensial untuk lebih mengenalkan Indonesia dengan segala daya tariknya kepada publik di Eropa khususnya Spanyol.

"Kami akan menampilkan pertunjukan budaya, mempersilakan pengunjung untuk mencicipi kopi khas Indonesia, dan ada juga sesi mixologist tasting," katanya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Medina Azahara atau dalam bahasa Arab dikenal sebagai Madinat al-Zahra yang berarti: 'kota bersinar' di Cordoba, Spanyol. Istana kota ini dibangun Khalifah Abd Al-Rahman III pada tahun 936. Medina Azahara merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Spanyol untuk menarik para pelancong. Foto diambil, Jumat (13/11/2015).
Nia menegaskan Pemerintah Indonesia telah merancang rencana besar untuk mengembangkan industri pariwisatanya.

"Sepanjang tahun ini sektor pariwisata Indonesia ditargetkan mampu mendatangkan 15 juta turis asing dan kami menargetkan angka itu bisa menjadi 20 juta orang pada 2019," katanya.

Sejumlah daya tarik wisata yang ditawarkan kepada publik di Spanyol meliputi keanekaragaman budaya, destinasi wisata alam dengan pantai dan dataran tinggi, hingga wisata belanja dan kuliner di Indonesia yang dikemas dalam paket Wonderful Indonesia.

Untuk mencapai target tersebut, Indonesia salah satunya menerbitkan kebijakan bebas visa kunjungan singkat kepada 169 negara termasuk Spanyol.

"Wisman dari Spanyol dalam lima tahun terakhir terus menunjukkan tren yang positif dengan jumlah mencapai 50.047 pada 2015 atau meningkat 7,24 persen dibandingkan tahun sebelumnya," kata Nia.

Dalam Fitur 2017, Indonesia menargetkan mampu meningkatkan 10 persen kesepakatan bisnis dan kontrak yang terjadi.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Destinasi wisata di Mijas, Provinsi Malaga, Spanyol, ini berada di ketinggian sekitar 430 meter di atas permukaan laut. Mijas menawarkan keindahan rumah-rumah warga yang serba putih. Sempatkan berkeliling dengan tuk tuk atau kereta ditarik keledai. Habis itu jangan lupa berburu oleh-oleh khas Mijas.
Tahun ini, Indonesia juga fokus menawarkan paket-paket baru untuk destinasi wisata yang tergolong baru bagi pasar Eropa meliputi JogLoSemar di Jawa, Coral Wonders, kecantikan segitiga koral Indonesia di Raja Ampat, Wakatobi, dan Bunaken. Berikutnya paket wisata di Kepulauan Riau dan Danau Toba di Sumatera Utara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ANTARA

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X