Kompas.com - 18/01/2017, 17:03 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberi tip untuk petugas housekeeping saat menginap di hotel merupakan hal yang lumrah. Namun terkadang, sulit bagi tamu untuk memberikan langsung uang tip kepada petugas housekeeping karena waktu yang bentrok.

"Memang jarang tamu di kamar. Ketika petugas housekeeping ada, tamu biasanya sudah keluar kamar, biasanya kerja," kata Executive Housekeeper Hotel Santika Premiere Bintaro, Faroek Fuady saat diwawancara KompasTravel, Rabu (18/1/2017).

Apabila tamu tak pernah bertatap muka dengan petugas housekeeping, lanjut Faroek, Anda bisa meletakkan uang tip di beberapa tempat di kamar hotel.

"Uang tip bisa ditaruh di atas bantal, di bawah bantal, dan di bawah telepon," kata Faroek.

BACA JUGA: Memajang Lukisan di Atas Ranjang Hotel

Menurutnya ada beberapa tamu yang lebih detail dengan menyertakan catatan pendek atau memo untuk petugas housekeeping. Memo tersebut bertuliskan bahwa uang tersebut memang boleh diambil.

"Di luar tempat-tempat itu, contohnya di atas meja, petugas housekeeping diingatkan untuk tak boleh mengambil uang tersebut," kata Faroek.

Meski jarang, Faroek juga mengatakan ada tamu yang menitipkan uang tip kepada resepsionis. Biasanya tamu yang melakukan hal tersebut adalah tamu yang menginap dengan durasi cukup panjang.

BACA JUGA: Seperti Apa Hotel Idaman Turis Indonesia di Luar Negeri?

"Uang tipnya biasa dibagi untuk housekeeping yang memang shift (waktu kerja)-nya membersihkan kamar tersebut, atau bisa juga untuk makan-makan bersama dengan staf housekeeping lainnya. Biasanya kalau begitu mereka senang sekali untuk acara kebersamaan," kata Faroek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.