Ini Perilaku Tamu Hotel yang Membuat "Housekeeping" Repot!

Kompas.com - 20/01/2017, 06:23 WIB
Dokumentasi Santika Indonesia Hotels & Resorts Tipe Kamar Premiere di Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Jangan salah, jika Anda cenderung orang yang tidak rapi atau menjurus ke jorok, perilaku Anda akan tercermin saat menginap di kamar hotel.

Petugas houskeeping di hotel adalah sosok yang dapat dengan mudah mengetahui asal dan perilaku tamunya. 

"Biasanya tamu yang paling kotor itu dari ada dari beberapa negara dan tamu keluarga tanpa pandang negara," kata Executive Housekeeper Hotel Santika Premiere Bintaro, Faroek Fuady, Selasa (17/1/2017).

(BACA: Etiket Memberi Tip untuk Staf Housekeeping Hotel)

Tak jarang kehadiran para tamu ini sudah diantisipasi oleh petugas housekeeping, karena mereka tahu harus berusaha ekstra untuk membersihkan kamar hotel yang dihuni oleh tamu tersebut. 

"Biasanya hanya butuh 25-30 menit untuk satu kamar, ini bisa sampai 45 menit sampai satu jam," kata Faroek.

Ruangan penuh dengan abu rokok, pampers bekas, noda makanan yang berlepotan, sampai handuk yang dijadikan keset kaki masuk sebagai beberapa daftar kejorokan para tamu yang menambah panjang jam kerja petugas housekeeping. 

"Houskeeping biasa bekerja dengan strategi, mereka akan melihat kamar mana saja yang bersih dan yang kotor. Kemudian mereka akan membersihkan kamar bersih dahulu lalu membersihkan kamar yang kotor," kata Faroek.

Menurut Faroek petugas housekeeping akan sangat gembira saat menemukan kamar yang walk out alias tamunya tak menginap di kamar. Sedangkan duka petugas housekeeping adalah saat menemukan kamar yang sangat kotor.

"Petugas housekeeping itu kerjanya sangat menguras fisik. Selama satu shift delapan jam membersihkan kamar. Sedangkan hasil perkerjaannya hanya ada bersih atau tidak bersih," kata Faroek.  



EditorI Made Asdhiana


Close Ads X