Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Dilantik, Ini Menu Makan Siang Pertama Donald Trump

Kompas.com - 20/01/2017, 15:22 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Tepat hari ini, presiden terpilih AS Donald Trump melangsungkan makan siang inaugurasi (inaugural luncheon) yang berlangsung di Capitol Building, Washington DC. Donald Trump menjadi presiden ke-45 Amerika Serikat.

Tradisi makan siang inaugurasi sudah mendarah daging dalam pelantikan Presiden AS. Bisa dibilang menu yang disajikan adalah makanan-makanan pertama yang disantap setelah resmi jadi presiden.

Menu yang disajikan dalam makan siang inagural terakhir Barack Obama adalah lobster dengan New England Cham Cowder, bison panggang dengan puree kentang dan lobak merah dengan saus huckleberry, serta pai apel dengan es krim sebagai penutup. Tema pada waktu itu adalah "Faith in America's Future".

Rumor yang beredar beberapa waktu lalu menyebutkan Trump akan menyuguhkan taco bowl dan aneka junk food kesukaan sang presiden.

Namun menu makan siang inaugurasi Trump ternyata tak jauh berbeda dengan Obama. Menu terdiri dari tiga hidangan (pembuka, utama, penutup) dan dipasangkan dengan wine (minuman anggur) dari California. Temanya, sesuai slogan Trump, "Make America Great Again".

Berikut daftar hidangan pada makan siang inaugurasi Donald Trump di Capitol Building, mengutip situs Mic Network, Jumat (20/1/2017):

KARIM RASLAN Materi kampanye Donald Trump.
1. Maine Lobster dan Gulf Shrimp with Saffron Sauce and Peanut Crumble. Dihidangkan bersama anggur J.Lohr 2013 Arroyo Vista Chardonnay.

2. Grilled Seven Hills Angus Beef in Dark Chocolate and Juniper Jus with Potato Gratin. Dihidangkan bersama Delicato Black Stallion 2012 Limited Release Napa Valley Cabernet Sauvignon.

3. Chocolate Souffle and Cherry Vanilla Ice Cream. Dihidangkan bersama Korbel Natural "Special Inaugural Cuvee" California Champagne.

Rupanya, presiden milyarder pertama di AS ini tidak menyajikan anggur mahal dengan harga selangit. Sesuai tradisi, Trump memilih California Champagne dari Korbel yang bisa ditemukan di swalayan di seluruh Amerika Serikat seharga 13 dollar AS (Rp 173.000) per botol.

Walau begitu, pemilihan bahan daging Angus premium dan Maine Lobster tergolong mewah. Pressherald.com menyebutkan lobster umumnya digunakan sebagai hidangan utama dalam makan siang inaugurasi presiden-presiden AS sebelumnya. Kali ini pada Inaugurasi Trump, lobster menjadi hidangan pembuka. 

Sementara itu, seperti dikutip dari USAToday.com, Trump sendiri tidak minum minuman beralkohol. Namun para tamu bisa menyesap wine California dan makan siang ditutup dengan champagne dari California.

Wine yang digunakan dibuat oleh para pembuat wine terkemuka dari California dan dicocokan dengan rasa dari tiap hidangan," ungkap sebuah pernyataan dari Joint Congressional Committee on Inaugural Ceremonies.

http://www.sevenhillsfood.com/ steak daging angus dari Seven Hills Food, Virginia, AS.
Sesuai menu di atas, makan siang akan diawali dengan lobster dan udang dengan saus safron dan cacahan kacang. Lobster yang digunakan Maine lobster atau lobster yang berasal dari Amerika bagian utara. Sementara udang yang digunakan yaitu Gulf shrimp berasal dari teluk Gulf Coast, selatan Amerika Serikat seperti Florida.

Bahan laut umumnya dipasangkan dengan white wine (anggur putih). Oleh karena itu, pasangan hidangan tersebut adalah white wine jenis Chardonnay dari Arroyo Vista.

Hidangan kedua menggunakan daging sapi Angus dari Seven Hills, peternakan keluarga dari Virginia yang menjual daging Angus premium. Daging sapi Angus sendiri salah satu daging sapi ekspor andalan Amerika Serikat.

Daging sapi diolah menjadi steak yang dipanggang dan diberi saus cokelat dan jus juniper (sejenis buah beri). Hidangan ini dipasangkan dengan red wine (anggur merah) jenis Cabernet Sauvignon dari Napa Valley yang terkenal dengan produksi anggur jenis Cabernet Sauvignon.

Dari pilihan menu tersebut, bahan yang ditonjolkan adalah bahan-bahan yang diproduksi lokal. Hal ini sejalan dengan tema yang diusung sesuai slogan Trump, "Make America Great Again".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com