Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Menu Makan Siang Pertama Para Presiden AS?

Kompas.com - 20/01/2017, 17:15 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com — Bagi para presiden Amerika Serikat (AS), makan siang inaugurasi (inaugural luncheon) tak sekadar perhelatan. Presiden ke-15 AS, James Buchanan, menghabiskan puluhan kilogram bahan segar, seperti tiram, daging kambing, dan lidah sapi, demi menyuguhkan hidangan mewah untuk 6.000 tamu.

Semua itu belum termasuk aneka pilihan wine. Bahan-bahan segar diolah menjadi hidangan makan siang inaugurasi Buchanan pada 4 Maret 1857.

Empat tahun kemudian, Abraham Lincoln melangsungkan makan siang inaugurasi pada 1861. Makanan yang dihidangkan lebih sederhana, seperti daging kornet sapi dan kubis, mock turtle soup, kentang, pai blackberry, dan kopi.

Pada makan siang inaugurasi kedua Lincoln, yaitu tahun 1865, ia menyuguhkan hidangan yang sedikit lebih mewah, seperti sekeranjang tiram, empat jenis daging, aneka hidangan dari ayam dan unggas, juga aneka jenis makanan penutup, bahkan es krim. Perlu diingat, pada masa itu, kulkas bukan barang yang umum sehingga hidangan penutup yang dingin adalah barang mewah.

(BACA JUGA: Usai Dilantik, Ini Menu Makan Siang Pertama Donald Trump)

Satu abad kemudian, tepatnya pada 1961, John F Kennedy melangsungkan makan siang inaugurasi dengan hidangan dari semua negara bagian AS. Misalnya, lobster dari New England dan daging sapi dari Texas.

Oleh karena itu, makan siang inaugurasi tak sekadar perhelatan. Ini adalah sebuah tradisi panjang yang rutin digelar dan menjadi bagian sejarah Amerika Serikat. Umumnya, presiden baru akan menyuguhkan makanan favorit mereka dan hidangan yang merepresentasikan negara bagian asal mereka.

Sejak tahun 1953, The Joint Congressional Committee on Inaugural Ceremonies' Inaugural Luncheon menjadi aktivitas resmi kepresidenan AS. Walaupun Presiden AS Jimmy Carter tidak menyelenggarkan makan siang, setiap presiden yang dilantik selalu memberikan sentuhan pribadi pada menu makan siang pertama mereka sebagai presiden.

Pada makan siang inaugurasi Barack Obama saat menjadi presiden AS untuk kali kedua, makanan yang dihidangkan adalah lobster dengan New England clam cowder, bison panggang dengan red potato horseradish cake (semacam bakwan dari kentang tes dan lobak) dan saus huckleberry, serta pai apel dengan es krim sebagai penutup. Menu itu mencakup makanan dari tiga daerah AS dan bertemakan "Faith in America's Future." 

www.mainelobsterfestival.com Maine lobster yang disajikan di Maine Lobster Festival.
Bagaimana dengan Donald Trump? Mengutip situs Mic Network, Jumat (20/1/2017), dari daftar menu makan siang inaugurasi Donald Trump, tak ada satu pun hidangan yang identik dengan wilayah asal Trump, yakni New York.

Padahal, kota berjuluk "The Big Apple" itu punya segudang makanan yang menjadi ikon, mulai dari strip steak, cheesecake, sampai Manhattan clam chowder. Berikut menu makan siang Donald Trump di Capitol Building.

1. Maine lobster dan gulf shrimp with saffron sauce and peanut crumble, dihidangkan bersama anggur J Lohr 2013 Arroyo Vista Chardonnay. 

2. Grilled Seven Hills Angus beef in dark chocolate dan juniper juice with potato gratin, dihidangkan bersama Delicato Black Stallion 2012 Limited Release Napa Valley Cabernet Sauvignon.

3. Chocolate souffle and cherry vanilla ice cream, dihidangkan bersama Korbel Natural "Special Inaugural Cuvee" California Champagne.

Trump malah memilih daging sapi Angus dari Seven Hills, peternakan di Virginia, walau pemilihan daging ini masih sesuai dengan tema yang diangkat yaitu "Make America Great Again", yang mengesankan dukungan terhadap peternakan lokal.

Bisa jadi, gulf shrimp yang disajikan adalah representasi dari propertinya yang berlokasi di Palm Beach, Florida. Hidangan yang disajikan pada makan siang inaugurasi Trump juga berbeda dengan rumor yang sebelumnya beredar. Setidaknya, Trump tidak menyajikan aneka junk food yang jadi favoritnya.

Menu yang disajikan dipandang tidak terlalu mewah untuk sosok sekelas Donald Trump. Namun, mantan Presiden AS, George W Bush, juga pernah menyajikan hidangan yang tak terlalu mewah, yaitu kepiting lobster, burung puyuh panggang dengan kacang dan sayuran, serta puding kukus lemon. 

Sajian itu sama halnya saat makan siang inaugurasi Bill Clinton tahun 1993 yang terkesan makanan rumahan. Menunya terdiri dari ikan salmon panggang, ayam bumbu rosemary, dan apple-cranberry brown betty with créme anglaise. Sebuah menu yang dengan mudah ditemukan di majalah masak era 1990-an.

Jika Anda tertarik memasak hidangan yang akan disajikan pada makan siang inaugurasi Trump hari ini, The Inaugural Committee membagikan resepnya secara online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com