Kue Hingga Pai Apel, Aneka Makanan Bertema Melania Trump

Kompas.com - 21/01/2017, 18:08 WIB
Jelenc Darja membawa kue cokelat putih bernama ‘Melanija’. Jack Taylor/Getty Images via LonelyPlanetJelenc Darja membawa kue cokelat putih bernama ‘Melanija’.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Istri Donald Trump, Melania Trump, merupakan ibu negara Amerika Serikat (AS) kedua yang lahir di luar Amerika Serikat. Sebelumnya, istri presiden AS John Quincy Adam, Louisa, lahir di Inggris.  

Melania lahir di Sevnica, kota di tenggara Slovenia, negara di Eropa Tengah. Di tengah pelantikan Donald Trump sebagai presiden AS, kota kecil berpenduduk 5.000 orang ini ikut merayakannya dengan berbagai festival.  

Seperti dikutip dari Dailymail.co.uk, Walikota Srecko Ocvirk menuturkan Sevnica telah menyusun tur gratis, pameran barang-barang produksi lokal di kastil dari abad ke-12, dan festival anggur.  

Sebelumnya, kota kecil di tepian Sungai Sava ini hanya dikenal sebagai kota pabrik pakaian dalam dan furnitur, juga kastil ikonik berusia 900 tahun. Namun kota kecil ini menarik perhatian dunia setelah Melania Trump resmi menjadi ibu negara AS.

Padahal, hanya sedikit warga Sevnica yang ingat pada sosok perempuan muda bernama Melanija Knavs, nama asli Melania Trump, yang lahir pada 1970. Ia meninggalkan kota itu dari usia remaja.

La Razón Digital / EFE Apple pie Melania
Namun hal ini tidak menghalangi para pedagang lokal jadi terinspirasi akan Melania Trump. Sebuah fenomena yang mereka sebut sebagai "Melaniamania". Di toko roti Julija misalnya, Anda bisa mencicipi sepotong "Melania" dengan harga tiga Euro (setara Rp 42.000). Kue cokelat putih bernama Melanija ini penuh krim dan kacang, dipercantik dengan topping keemasan.

Kue ini begitu laris di kalangan penduduk lokal maupun pendatang. "Ini kebanggaan nasional. Kami telah menjual banyak kue ini selama beberapa pekan. Orang-orang datang jauh-jauh dari Ljubljana (ibu kota Slovenia) untuk membelinya," kata karyawan di toko roti itu, Darja Jelenc.

Sementara itu, sebuah restoran di salah satu bukit Sevnica, menjual menu bernama "Melania". Salah satu hidangan dalam menu itu menggunakan ikan trout lokal.

Sedangkan toko crepe menjual panekuk "Melania". Isinya tentu saja pancake dan diberi buah blueberries, es krim vanila, dan serpihan emas.

REUTERS/Srdjan Zivulovic Chef Elvis Suhodoljac menyiapkan burger Presidential di kampung halaman Melania Trump, Sevnica, Slovenia.
Sementara itu, kedai pizza, Rondo, menjual burger "Presidential" dan "Melania" mascarpone strawberry mousse. Burger itu tadinya diberi nama "Trump". Namun baru-baru ini Melania menunjuk pengacara lokal untuk membuat aturan larangan penggunaan nama dan foto dirinya untuk keperluan komersial tanpa persetujuan.

Sedangkan Pai apel "First Lady" atau ibu negara di toko roti Kruhek di Sevnica, laris terjual. "Kami menjual lebih dari 100 kue sehari, sehingga pai menjadi produk utama kami belakangan ini," ungkap Sergeja Gorenjec, penjual di tokor roti tersebut, seperti dikutip dari Reuters.  

Tertarik menikmati makanan bertema Melania sekaligus napak tilas kehidupan Melania Trump? Sebuah agen perjalanan wisata, Muranica, telah merencanakan sebuah tur Melania pada Maret mendatang. Tur ini akan mengajak wisatawan berkeliling obyek wisata di Sevnica, Ljubljana dan juga Milan (Italia) tempat Melania memulai karir model.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X