Kompas.com - 24/01/2017, 08:09 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
BOGOR, KOMPAS.com - Wisata tak melulu harus menghabiskan uang. Seperti berjalan kaki menikmati hawa sejuk Kota Bogor, Jawa Barat dan bersosialisasi dengan masyarakat bisa menjadi alternatif wisata yang murah.
 
Semua hal tersebut  gratis dan dapat dilakukan di jalur pedestrian baru di depan Kebun Raya Bogor. 
 
"Jalur pedestrian ini baru, bari disahkan tadi pagi (15/1/2017) oleh Pak Wali Kota. Pengerjaannya sejak pertengahan tahun lalu," kata Kasatpol PP Kota Bogor, Herry Karnadi yang ditemui saat KompasTravel berwisata di jalur pedestrian baru depan Kebun Raya Bogor, Minggu (15/1/2017). 
 
 
KompasTravel memulai perjalanan dari Lawang Salapan, landmark baru Kota Bogor yang terletak persis di seberang Tugu Kujang. Dari sana, perjalanan dilakukan dengan jalan kaki melewati Jalan Otista, Jalan Pajajaran, Jalan Juanda, dan Jalan Jalak Harupat. 
Kompas.com/Silvita Agmasari Jalur pedestrian di depan Kebun Raya Bogor.
 Berjalan kaki terasa nyaman di jalur pedestrian baru kota Bogor ini. Sebab alas dari batu masih mulus dan datar sehingga nyaman untuk dipijak. Selain itu jalur pedestrian baru ini juga memiliki ukuran yang cukup lebar, mulai dari empat sampai tujuh meter. 
 
Jalur pedestrian baru ini dibagi menjadi dua yakni jalur khusus pejalan kaki dan sepeda. Dengan porsi jalur pejalan kaki yang lebih lebar. 
 
 
Ada pula jalur khusus untuk penyandang disabilitas berupa ubin petunjuk yang permukaannya tak rata dan bewarna kuning di bagian tengah di jalur pedestrian baru Kota Bogor ini.
 
Jangan takut bosan saat mengelilingi jalur pedestrian Kebun Raya Bogor. Khususnya di akhir pekan, pejalan kaki akan dengan mudah menemukan komunitas olahraga di Bogor seperti komunitas lari, sepeda, skate board, sampai sepatu roda yang ramah untuk diajak bersosialisasi. 
 
Hiburan lainnya, pejalan kaki juga dapat memberi makan rusa di jalur pedestrian yang melewati Jalan Juanda, dan menikmati asrinya pemandangan dan sejuknya hawa Kebun Raya Bogor dari jalur pedestrian yang melewati jalan Jalak Harupat.
Kompas.com/Silvita Agmasari Mencoba sepeda drift di jalur pedestrian depan Kebun Raya Bogor.
Petugas Satpol PP yang siaga di jalur pedestrian ini pada akhir pekan juga membuat pejalan kaki lebih aman dan bebas hambatan dari pedagang kaki lima. Uniknya pejalan kaki akan mendapati petugas Satpol PP mengenakan alat bantu transportasi yakni sepatu roda dan air wheel, bukan berjalan kaki biasa. 
 
Saran KompasTravel jika ingin menikmati jalur pedestrian baru di depan Kebun Raya Bogor, pilihlah waktu di akhir pekan dan di pagi hari ketika suasana begitu hidup dengan aktivitas pengguna jalur pedestrian lain. Selain itu gunakan sepatu dan pakaian yang nyaman untuk berjalan kaki. Selamat berwisata dan berolahraga!
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.