Kompas.com - 24/01/2017, 18:32 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

SINGAPURA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Kobkarn  Wattanavrangkul mengatakan Candi Borobudur di Jawa Tengah, sangat terkenal bagi masyarakat Thailand.

"Lion Air kini ingin rute baru dari Solo ke Thailand. Itu sangat memungkinkan karena Borobudur. Untuk orang Thailand, Candi Borobudur itu sangat terkenal," kata Kobkarn kepada KompasTravel di sela-sela acara ASEAN Tourism Forum 2017 di Singapura, Jumat lalu.

Ia mengatakan tahun lalu, orang-orang Thailand telah banyak berkunjung ke Candi Borobudur. Kobkarn menyebut salah satunya adalah ketika tahun lalu orang-orang Thailand datang untuk merayakan Buddhist Day di Borobudur.

"Kami akan melakukan kerja sama trail of civilization. Program itu maksudnya bagaimana memastikan kunjungan ke Thailand dari turis Indonesia lebih banyak dan juga keluar (ke Borobudur). Trail of civilization wisata tentang perjalanan Buddha," jelasnya.

Ia mengatakan popularitas Candi Borobudur di mata wisatawan Thailand bisa dikembangkan dengan rute penerbangan baru dari Thailand ke Solo.

Asisten Deputi Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Asia Tenggara Kementerian Pariwisata Rizki Handayani mengatakan ketertarikan wisata sejarah yang terkait dengan agama tengah berkembang di kalangan anak muda Thailand.

KOMPAS.COM/AMIR SODIKIN Candi Borobudur
Data kunjungan wisatawan mancanegara asal Thailand sepanjang Januari-November tahun 2016 sebanyak 2.051 orang masuk melalui Bandara Adisucipto, Yogyakarta. Yogyakarta sendiri banyak dikunjungi sebagai pintu masuk menuju Candi Borobudur.

Sementara, wisman asal Thailand yang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta, Banten sebanyak 43.529 orang.

Adapun pertemuan antara Indonesia dan Thailand turut membahas kerja sama di bidang wisata bahari dan wisata budaya. Wisata bahari yang akan dikembangkan adalah wisata yacht, sedangkan wisata budaya adalah Candi Borobudur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.