Kompas.com - 25/01/2017, 09:17 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin merasakan suasana tradisional Jepang dan warisan kejayaan masa lampaunya dalam bentang pegunungan yang rupawan, maka Kota Nikko di Prefektur Tochigi harus menjadi pilihan.

Pegunungan yang puncaknya berselimut salju, danau, kota kecil yang tenang, udara sejuk, dan tradisi Jepang, merupakan daya tarik utama dari kota ini.

Keindahan alam kota ini memang sangat terkenal, sampai-sampai ada ungkapan yang mengatakan "Never say kekko ('indah' dalam bahasa Jepang), until you've seen Nikko".

Jarak Nikko dari Tokyo hanya sekitar 140 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu tak sampai dua jam dengan kereta. Walau jaraknya relatif dekat, tetapi kesibukan dan modernitas Tokyo seolah lenyap di Nikko.

(BACA: Menikmati Panorama Tokyo dari Ketinggian 634 Meter)

Berada di ketinggian 634 meter di atas permukaan laut (setinggi Tokyo Tower), sejak abad ke-8 Nikko telah menjadi pusat aktivitas religius masyarakat Jepang. Kita bisa melihat buktinya dengan mengunjungi kuil-kuil terkenal yang menjadi salah satu warisan budaya dunia sesuai pengakuan UNESCO.

Di Nikko terdapat kompleks kuil dan makam Shogun Ieyasu Tokugawa, pendiri Dinasti Tokugawa. Di sini terdapat dua kuil, yaitu Toshugu Shrine dan Rinnoji Temple. Kuil itu tak pernah sepi dikunjungi para peziarah.

Kuil yang dibangun abad ke-8 dan direkonstruksi beberapa kali itu sekaligus menjadi pintu gerbang taman nasional, Nikko National Park, taman nasional obyek pariwisata pegunungan.

Toshugu Shrine sangat terkenal dengan ukiran-ukiran kayu yang menghiasi setiap bangunan, salah satunya adalah pahatan kayu tiga monyet bijaksana dan ukiran kucing tidur.

Tak jauh dari kuil tersebut terdapat salah satu jembatan paling mashyur di Jepang, yaitu Shinkyo Bridge. Jembatan lengkung bercat merah ini dulunya hanya diperbolehkan dilintasi keluarga kerajaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.