Kompas.com - 25/01/2017, 16:33 WIB
EditorI Made Asdhiana

SEMARANG, KOMPAS - Pasar Imlek Semawis di Kota Semarang, Jawa Tengah, kembali digelar pada 24-26 Januari 2017. Pergelaran ke-14 kali ini mengangkat tema ”Obar-Abir” atau keberagaman. Berbagai pameran dan pentas seni kebudayaan Tionghoa digelar untuk menarik wisatawan.

Pasar Imlek Semawis (PIS) berlokasi di sepanjang jalan Gang Pinggir hingga Wot Gandul Timur kawasan Pecinan, Semarang. Di jalan itu dijual aneka kuliner, batik, dan kerajinan tangan khas Imlek.

PIS juga menyajikan pertunjukan wayang potehi, atraksi barongsai, liang liong, lorong lampion, dan pentas kebudayaan Tionghoa lain.

Ketua Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata (Kopi Semawis) Harjanto Halim menjelaskan, tema ”Obar-Abir” mencerminkan identitas warga Semarang yang beragam.

Meski berbeda suku, agama, dan ras, mereka tetap menjunjung persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia. Hal itu kemudian tergambar pada pengunjung PIS dari tahun ke tahun.

(BACA: Imlek Dikemas Jadi Daya Tarik Wisata)

Pada pembukaan Selasa (24/1/2017) malam, PIS menghadirkan suasana jamuan makan bersama dalam pasar malam. Jamuan itu disebut ”Gelar Tok Panjang” yang juga digelar pada PIS tahun lalu.

Tamu undangan menyantap makan bersama di meja sepanjang 200 meter. Makan bersama dihadiri pejabat, komunitas, pengusaha, dan tokoh masyarakat.

”Jamuan Gelar Tok Panjang diambil dari filosofi Imlek. Tradisi makan dan duduk bersama keluarga besar pada malam Imlek,” ujar Harjanto.

Harjanto mengatakan, ragam kuliner khas Imlek menjadi salah satu daya tarik pengunjung PIS.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.