Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Wisatawan Indonesia ke Jepang Melonjak Tajam

Kompas.com - 25/01/2017, 19:25 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2016 tercatat sebagai jumlah kunjungan tertinggi wisatawan Indonesia ke Jepang.

Total ada 270.000 wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Jepang selama periode tahun 2016, melonjak 32 persen dari kunjungan tahun lalu.

Data tersebut disebutkan oleh executive director Japan National Tourism Organization kantor Jakarta, Hideaki Tomioka pada acara jumpa pers Hoshinoya Bali, Rabu (25/1/2016).

"Seperti disebutkan oleh Ibu Mari Takada (Minister for Economic Affairs Kedutaan Besar Jepang di Indonesia) jumlah tersebut adalah yang paling tinggi di sejarah," kata Tomioka.

(BACA: Catat, Waktu Terbaik Melihat Mekarnya Sakura di Jepang)

Padahal menurutnya rata-rata peningkatan negara Asia yang berkunjung ke Jepang hanya sepuluh persen, dibanding Indonesia yang mencapai 32 persen.

Tomioka menyebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa jumlah wisatawan Indonesia ke Jepang terus melejit.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di kereta gantung Kachi Kachi Yama Ropeway untuk menikmati panorama Gunung Fuji di prefektur Yamanashi, Jepang, Rabu (30/11/2016).
"Kami (JNTO) buka sejak tahun 2014 di Jakarta dan mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk iklan dan travel fair, juga penerbangan ke Jepang kini semakin murah," kata Tomioka.

Ia menyebutkan tahun 2016 juga banyak penerbangan yang memberi promo Rp 4 juta pulang pergi ke Jepang yang terhitung murah.

(BACA: Kusatsu Onsen, Permandian Air Panas Terkenal di Jepang)

Sedangkan bebas visa ke Jepang bagi pengguna e-paspor disebutkan Tomioka tak bergitu berpengaruh kepada jumlah kunjungan wisatwan Indonesia ke Jepang. 

"Tidak semua orang punya e-paspor sekarang. Kami tak melihat ada peningkatan karena e- paspor, tetapi kami terus berdiskusi dengan pemerintah Indonesia untuk penyedian e-paspor yang lebih mudah dan juga berdiskusi dengan pemerintah Tokyo tentang isu wisatawan ini," ungkap Tomioka.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Destinasi wisata Kusatsu Onsen di Prefektur Gunma, Jepang, Kamis (1/12/2016). Kusatsu Onsen merupakan destinasi wisata air panas terkenal di Jepang.
Meski belum ditentukan, Tomioka menyebutkan target kunjungan wisatawan Indonesia ke Jepang tahun ini diharapkan lebih baik lagi dari tahun 2016.

"Saya harap ada 350.000 wisatawan Indonesia yang ke Jepang tahun ini," ungkapnya.

Guna meningkatkan kunjungan wisatawan Indonesia ke Jepang, JNTO berusaha untuk terus menambah fasilitas dan restoran yang ramah untuk wisatawan Muslim, memperkenalkan wisata Jepang lain selain jalur 'golden road' yakni Tokyo, Kyoto, dan Osaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com