Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak! Ini Panduan Berwisata ke Provinsi Riau

Kompas.com - 27/01/2017, 06:35 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

PEKANBARU, KOMPAS.com - Terkenal sebagai daerah tambang dan perkebunan, Provinsi Riau menyimpan potensi wisata budaya dan alam. Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan basis wisata Riau terdapat pada budaya.

"Kita juga dilewati oleh empat sungai besar, yaitu Sungai Rokan, Sungai Siak, Sungai Indragiri, dan Sungai Kampar. Di empat sungai ini ada nilai dan cagar budaya, ada nilai religi dan kerajaan-kerajaan kecil, maka dari itu pendekatan kita berbasis budaya dari empat sungai tersebut karena porvinsi lain tak punya," kata Arsyadjuliandi Rachman ditemui Jumat (20/1/2017) di Pekanbaru, Riau.

Untuk berwisata ke Riau, berikut panduan yang KompasTravel rangkum dari acara familiarization trip Pesonna Hotel Pekanbaru, Riau dari tanggal 18-21 Januari 2017:

1. Cara Menuju Riau

Tiga maskapai yang memiliki rute penerbangan langsung dari Jakarta menuju Pekanbaru adalah Garuda Indonesia, Lion Air, dan Citilink.

Penerbangan dari Jakarta menuju Riau ditempuh dalam waktu satu jam 45 menit, menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Bandara tertelak di lokasi strategis, berkisar 20 menit dari pusat kota Pekanbaru. Harga tiket pesawat dari Jakarta menuju Pekanbaru dimulai dari Rp 500.000.

BARRY KUSUMA Ombak Bono di Sungai Kampar, Riau. Berselancar di sungai ini sangat menantang.

2. Obyek wisata

Riau sendiri adalah provinsi dengan luas yang cukup besar, yakni sekitar 87.000 kilometer persegi. Uniknya wisata di Riau lebih banyak berada di luar kota Pekanbaru.

Sebaliknya penginapan dan ruang rapat berfokus di Pekanbaru.

Untuk obyek wisata di Riau, ombak Bono di Sungai Kampar menjadi atraksi wisata yang diincar oleh para peselancar kelas dunia.

Obyek wisata berikutnya adalah Istana Siak Sri Indrapura di Siak, Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar, Pantai Rupat di Bengkalis, dan beberapa festival kebudayaan di Riau yang saya dilwatkan yaitu Bakar Tongkang, Pacu Jalur, Gema Muharram, dan Cian Cui.

Pesonna Hotel Pekanbaru, Riau.

3. Penginapan

Penginapan dengan kelas bintang lebih banyak terdapat di Pekanbaru, seperti Batiqa, Grand Suka, Novotel, Grand Jatra, Aryaduta, dan masih banyak lainnya.

Salah satu hotel, Pesonna Hotel Pekanbaru menghadirkan konsep halal yang ramah bagi wisatawan Muslim.

Hidangan khas Melayu di Kantin Bude, Siak, Riau.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com