Simak! Ini Panduan Berwisata ke Provinsi Riau

Kompas.com - 27/01/2017, 06:35 WIB
Peserta Lawatan Sejarah Nasional XII, yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memasuki Istana Siak, Selasa (17/6/2014), di Siak, Riau. Istana Siak merupakan peninggalan Kerajaan Melayu Islam abad ke-16 hingga ke-20 dengan 12 sultan pernah bertakhta. KOMPAS/ALOYSIUS BUDI KURNIAWANPeserta Lawatan Sejarah Nasional XII, yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memasuki Istana Siak, Selasa (17/6/2014), di Siak, Riau. Istana Siak merupakan peninggalan Kerajaan Melayu Islam abad ke-16 hingga ke-20 dengan 12 sultan pernah bertakhta.
|
EditorI Made Asdhiana

PEKANBARU, KOMPAS.com - Terkenal sebagai daerah tambang dan perkebunan, Provinsi Riau menyimpan potensi wisata budaya dan alam. Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan basis wisata Riau terdapat pada budaya.

"Kita juga dilewati oleh empat sungai besar, yaitu Sungai Rokan, Sungai Siak, Sungai Indragiri, dan Sungai Kampar. Di empat sungai ini ada nilai dan cagar budaya, ada nilai religi dan kerajaan-kerajaan kecil, maka dari itu pendekatan kita berbasis budaya dari empat sungai tersebut karena porvinsi lain tak punya," kata Arsyadjuliandi Rachman ditemui Jumat (20/1/2017) di Pekanbaru, Riau.

Untuk berwisata ke Riau, berikut panduan yang KompasTravel rangkum dari acara familiarization trip Pesonna Hotel Pekanbaru, Riau dari tanggal 18-21 Januari 2017:

1. Cara Menuju Riau

Tiga maskapai yang memiliki rute penerbangan langsung dari Jakarta menuju Pekanbaru adalah Garuda Indonesia, Lion Air, dan Citilink.

Penerbangan dari Jakarta menuju Riau ditempuh dalam waktu satu jam 45 menit, menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Bandara tertelak di lokasi strategis, berkisar 20 menit dari pusat kota Pekanbaru. Harga tiket pesawat dari Jakarta menuju Pekanbaru dimulai dari Rp 500.000.

BARRY KUSUMA Ombak Bono di Sungai Kampar, Riau. Berselancar di sungai ini sangat menantang.

2. Obyek wisata

Riau sendiri adalah provinsi dengan luas yang cukup besar, yakni sekitar 87.000 kilometer persegi. Uniknya wisata di Riau lebih banyak berada di luar kota Pekanbaru.

Sebaliknya penginapan dan ruang rapat berfokus di Pekanbaru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X