Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Festival Indonesia Dipromosikan Bersama di ASEAN

Kompas.com - 27/01/2017, 10:14 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Lima festival di Indonesia akan dipromosikan bersama oleh negara-negara Asia Tenggara.

Festival tersebut adalah bagian dari program perayaan hari jadi lembaga Association of Southeast Asia Nation (ASEAN) ke-50.

"Dari ASEAN itu kita buat paket bersama. Masing-masing negara mengusulkan lima festival dan lima destinasi dan dipromosikan selama 2017," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada KompasTravel di sela-sela acara ASEAN Tourism Forum 2017 di Singapura, pekan lalu.

(BACA: Indonesia Ingin Tarik Wisman Lebih Banyak dari ASEAN)

Ia mengatakan lima festival itu adalah Pesta Kesenian Bali, Festival Budaya Asmat Papua, Festival Danau Toba, Festival Cap Go Meh Singkawang, dan Jember Fashion Carnaval. Dengan promosi bersama festival di negara ASEAN, menurut Arief, Indonesia akan diuntungkan.

"Kita diuntungkan dengan (promosi bersama), karena total kunjungan wisatawan ke ASEAN itu 100 juta lebih. Kita baru (dikunjungi) 10-12 persen yang datang," jelas Arief.

KOMPAS/EMANUEL EDI SAPUTRA Panitia Imlek dan Cap Go Meh Kota Singkawang, Kalimantan Barat, menggelar pawai lampion pada Selasa (3/3/2015) malam. Sejumlah lampion dipasang pada mobil hias dan kendaraan yang dibentuk seperti kereta kencana.
ASEAN Tourism Forum merupakan usaha regional untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai satu destinasi wisata.

Ajang tahunan ini melibatkan semua sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam ditambah negara-negara lainnya di Asia yakni China, Jepang, India, dan Korea Selatan.

Tahun ini, ASEAN merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Untuk merayakannya, kementerian pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN sepakat mengembangkan program pariwisata gabungan di bawah kampanye bertemakan "Visit ASEAN@50 : Golden Celebration".

ARSIP BIRO HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAR Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 dibuka Presiden Joko Widodo di Depan Monumen Bajra Sandhi, Denpasar, Bali, Sabtu (11/6/2016). PKB berlangsung 11 Juni sampai 9 Juli 2016 di Taman Budaya, Art Center.
Kampanye ini dimaksudkan sebagai perayaan 50 tahun ASEAN dan juga memandang ASEAN sebagai destinasi tunggal. Acara pre-launching kampanye tersebut dilakukan oleh para menteri pariwisata dari negara anggota ASEAN tahun lalu di ITB Berlin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com