Kompas.com - 27/01/2017, 10:14 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

SINGAPURA, KOMPAS.com - Lima festival di Indonesia akan dipromosikan bersama oleh negara-negara Asia Tenggara.

Festival tersebut adalah bagian dari program perayaan hari jadi lembaga Association of Southeast Asia Nation (ASEAN) ke-50.

"Dari ASEAN itu kita buat paket bersama. Masing-masing negara mengusulkan lima festival dan lima destinasi dan dipromosikan selama 2017," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada KompasTravel di sela-sela acara ASEAN Tourism Forum 2017 di Singapura, pekan lalu.

(BACA: Indonesia Ingin Tarik Wisman Lebih Banyak dari ASEAN)

Ia mengatakan lima festival itu adalah Pesta Kesenian Bali, Festival Budaya Asmat Papua, Festival Danau Toba, Festival Cap Go Meh Singkawang, dan Jember Fashion Carnaval. Dengan promosi bersama festival di negara ASEAN, menurut Arief, Indonesia akan diuntungkan.

"Kita diuntungkan dengan (promosi bersama), karena total kunjungan wisatawan ke ASEAN itu 100 juta lebih. Kita baru (dikunjungi) 10-12 persen yang datang," jelas Arief.

KOMPAS/EMANUEL EDI SAPUTRA Panitia Imlek dan Cap Go Meh Kota Singkawang, Kalimantan Barat, menggelar pawai lampion pada Selasa (3/3/2015) malam. Sejumlah lampion dipasang pada mobil hias dan kendaraan yang dibentuk seperti kereta kencana.
ASEAN Tourism Forum merupakan usaha regional untuk mempromosikan kawasan ASEAN sebagai satu destinasi wisata.

Ajang tahunan ini melibatkan semua sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam ditambah negara-negara lainnya di Asia yakni China, Jepang, India, dan Korea Selatan.

Tahun ini, ASEAN merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Untuk merayakannya, kementerian pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN sepakat mengembangkan program pariwisata gabungan di bawah kampanye bertemakan "Visit ASEAN@50 : Golden Celebration".

ARSIP BIRO HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAR Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 dibuka Presiden Joko Widodo di Depan Monumen Bajra Sandhi, Denpasar, Bali, Sabtu (11/6/2016). PKB berlangsung 11 Juni sampai 9 Juli 2016 di Taman Budaya, Art Center.
Kampanye ini dimaksudkan sebagai perayaan 50 tahun ASEAN dan juga memandang ASEAN sebagai destinasi tunggal. Acara pre-launching kampanye tersebut dilakukan oleh para menteri pariwisata dari negara anggota ASEAN tahun lalu di ITB Berlin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.