Berkemah di Ngrumput, Pantai di Gunungkidul yang Masih Sepi

Kompas.com - 29/01/2017, 15:06 WIB
Pantai Ngrumput Tribun Jogja/Hamim ThohariPantai Ngrumput
EditorNi Luh Made Pertiwi F

SEAKAN tidak ada habisnya membicarakan potensi wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, terutama eksotisme pantainya. Berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, Gunungkidul memiliki deretan pantai berpasir putih nan cantik.

Masing-masing pantai di kabupaten ini memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing sehingga wisatawan tidak akan bosan berkunjung ke pantai-pantai di Gunungkidul.

Pantai yang berada di Desa Banjarjo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul ini memang menjadi favorit bagi mereka yang ingin menghabiskan malam di tepi pantai.

(Baca juga: Menikmati Pantai Gesing, Mutiara Tersembunyi di Gunungkidul)

"Pantai Ngrumput sejak tahun 2015 yang lalu mulai ramai pengunjung yang kemah," ujar Tukino salah satu pemilik warung di Pantai Ngrumput, seperti dikutip dari TribunJogja.

Pada saat itu, lokasi pantai Ngrumput yang masih sepi mejadi alasan pantai ini menjadi pilihan lokasi kemah. Hingga saat ini pun pantai Ngrumput tidak terlalu ramai dibanding pantai lainnya di Gunungkidul.

Akses menuju pantai yang tidak terlalu mudah menjadi alasan pantai ini tidak terlalu ramai dan cocok untuk ngecamp. Pengunjung harus berjalan kurang lebih 400 meter dari lokasi parkir kendaraan hingga bibir pantai.

Tribun Jogja/Hamim Thohari Pantai Ngrumput
Jalan yang harus dilalui pun berupa jalan setapak berbatu yang jika diguyur hujan akan begitu licin. Meski jalur menuju pantai tidaklah terlalu gampang tetapi keindahan pantai Ngrumput layak untuk diupayakan.

Pantai berpasir putih yang diapit perbukitan menjadi daya tariknya. Di sisi timur pantai berdiri bukit Kosakora yang juga menjadi lokasi favorit berkemah.

Setiap pengunjung yang ingin berkemah di pantai Ngrumput cukup membayar Rp 15.000 per tenda. Biaya tersebut digunakan penduduk sekitar untuk memelihara kebersihan pantai.

(Baca juga: Wisata ke Yogyakarta? Ini 6 Wisata Alam di Gunungkidul)

Setiap pengunjung yang kemah akan disediakan tempat sampah besar dari tong yang juga bisa digunakan untuk membuat api unggun.

Berkemah di pantai ini ada tidak perlu khawatir dengan masalah sanitasi. Karena terdapat sembilan warung yang sekaligus menyediakan kamar mandi dan toilet.

Aneka makanan dan minuman juga dapat pengunjung dapatkan di warung-warung tersebut dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi jika berkemah di pantai Ngrumput, tidak usah khawatir kehabisan bekal. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X