Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Padati Lokasi Syuting Drama Korea "Goblin"

Kompas.com - 30/01/2017, 19:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Goblin, serial drama asal Korea Selatan yang digandrungi tak hanya di Korea Selatan, melainkan juga di berbagai negara kini memberi imbas terhadap sektor pariwisata setempat. Banyak lokasi syuting Goblin yang dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Salah satu lokasi syuting serial Goblin adalah Pantai Jumunjin di Timur Laut Kota Gangneung. Pantai ini dipadati wisatawan yang ingin berfoto layaknya adegan Kim Shin memberi bunga pada Ji Eun Tak, tokoh dalam serial Goblin.

"Setelah melihat pantai yang indah di drama, saya pergi ke sini (Pantai Jumunjin) pada akhir pekan. Ada banyak turis yang menunggu untuk berfoto di sana. Saya harus antre lebih dari sepuluh menit," kata wisatawan lokal, Kim Ye Min (31), seperti dikutip dari Koreatimes.co.kr.

Ramainya wisatawan di lokasi tersebut dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menyewakan properti foto, persis seperti adegan di serial Goblin. Antara lain bunga buckwheat, syal merah, dan payung yang dihargai 1.000 won atau setara dengan Rp 12.000 untuk satu barang.

Tak hanya Pantai Jumunjin, toko buku di serial Goblin yaitu Hanmi Bookstore di Incheon juga kebanjiran pengunjung. Toko buku ini terkenal dengan dindingnya yang bewarna kuning cerah.

"Jumlah pengunjung naik drastis sampai lebih dari sepuluh kali lipat selama akhir pekan dan tiga kali lipat di hari biasa. Setelah drama ini, saya mulai melihat lebih banyak pengunjung dari negara asing juga," kata pemilik Hanmi Bookstore, Jang Won Hyek.

Pantai Jumunjin lokasi syuting serial Goblin yang ramai wisatawan.

Jang mengatakan bersyukur akan keramaian ini. Dulu, kawasan tersebut sempat ramai. Namun belakangan menjadi sepi.

Selain dua tempat tersebut, tempat lain yang menjadi lokasi syuting serial Goblin dan saat ini ramai oleh kunjungan wisatawan adalah Unheyon Palace dekat Deosung Women's University di Seoul dan tempat tinggal Kim Shin di Goblin yang juga tempat syuting serial Princess Hours pada tahun 2006.

Tempat lainnya adalah Yongpyong ski resort dengan lokasi Dragon Peak di puncak gunung Balwang, tempat kencan im Shin dan Eun Tak, dan hutan di Wihara Wojeongsa juga Danau Cheongna di Incheon, tempat Kim shin mengatakan rahasia pedang dan cintanya pada Eun Tak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com