Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Japan Airlines Luncurkan Paket Penerbangan dengan Anjing Peliharaan

Kompas.com - 01/02/2017, 20:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Daily Mail

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, maskapai penerbangan Japan Airlines meluncurkan penerbangan yang memperbolehkan penumpang membawa anjing peliharaan mereka di dalam kabin. Paket penerbangan dengan nama 'Wan Wan Jet' ini mulai beroperasi pada Jumat (27/1/2017) dengan rute Narita (Tokyo) ke Prefektur Kagoshima di barat daya Jepang.

"Sangat memilukan ketika harus men-check in ajing saya di bandara sebagai barang bawaan. Saat itu anjing saya juga selalu mengonggong," kata penumpang yang ikut serta dalam paket penerbangan Wan Wan Jet, Toshihiko Kai (41) seperti dilansir dari Daily Mail, Selasa (31/1/2017).

BACA JUGA: Catat, Waktu Terbaik Melihat Mekarnya Sakura di Jepang

Paket Wan Wan Jet dikenakan biaya 150.000 Yen atau setara dengan Rp 17,6 juta. Paket sudah termasuk penerbangan, hotel, dan mengunjungi obyek wisata dengan diantar mobil sewaan.

"Terbang bersama peliharaan akan membuka jalur pasar baru untuk penerbangan domestik," bunyi pengumuman resmi dari Japan Airlines.

Wan Wan Jet pertama dirilis pada Desember 2016. Tak sampai satu jam dirilis, ada 60 orang dengan 30 anjing yang memesan penerbangan tersebut.

Penerbangan ramah anjing di Japan Airways.

Sebenarnya bukan hanya Japan Airlines yang membuka penerbangan ramah hewan peliharaan. Pada bulan Mei 2016, maskapai All Nippon Airways melakukan penerbangan sewa yang membawa 87 penumpang dan 44 hewan peliharaan ke Prefektur Hokkaido.

Paket penerbangan tersebut dijual dengan harga 220.000 Yen atau setara Rp 25,8 juta untuk dua orang dewasa dan seekor anjing. Dalam dua hari, paket penerbangan tersebut ludes.

BACA JUGA: Di Jepang, Daun Gugur Pun Jadi Tren di Media Sosial

Tak seperti penerbangan Japan Airlines yang memperbolehkan anjing keluar kandang, penerbangan dari All Nippon Airways hanya memperbolehkan anjing tetap di dalam kandang, kemudian ditempatkan di kursi dekat jendela.

Berdasarkan data tahun 2009 dari Japan Pet Food Association (JPFA) 18 persen rumah tangga di Jepang memiliki binatang peliharaan. Diperkirakan ada 12,3 juta anjing di Jepang, melebihi jumlah anak-anak di seluruh Negeri Sakura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com