Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Bisa Nikmati Sari Buah Maja dan Sarang Semut di Restoran Ini

Kompas.com - 03/02/2017, 12:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

UDON THANI, KOMPAS.com - Masyarakat Provinsi Udon Thani, Thailand punya kebiasaan makan yang unik. Santapan mereka terbilang berbeda dengan aneka hidangan ikonik Thailand yang biasa turis temukan di Bangkok.

"Kami penghasil beras melati nomor satu di dunia. Kami punya kebiasaan makan ketan, sehari bisa tiga kali. Makan ketan lebih lama kenyang dari pada makan (nasi) biasa. Kami juga menghasilkan banyak sayuran," kata Tom, pemandu tur lokal acara AEC Media Fam Trip Thailand Connect, Kamis (2/2/2017). 

Oleh karena itu Tom menyatakan jarang ada masyarakat Udon Thani yang obesitas karena kebiasaan makan yang sehat. Ia pun tanpa ragu memesan hidangan khas lokal untuk santap malam kami di restoran Krua Khun Nid.

KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Sari buah bael atau dikenal juga sebagai buah maja adalah minuman langka, bahkan hampir tak ada di Indonesia. Warnanya menyerupai teh dengan rasa manis dan memiliki sensasi rasa asap.

Tom memesan ketan dan nasi sebagai sumber karbohidrat. Sebagai lauk ia memesan sarang semut masak tumis dan kuah. Kemudian ada ikan goreng serta ikan yang dibakar di bambu. Tak lupa ada sup tom yum, makanan terkenal khas Thailand.

"Aslinya kami makan seperti ini. Kalau pesan makan pasti ada sayuran (mentah, sebagai lalap). Makanan kami juga tak berminyak. Itu tom yum berminyak karena ala Bangkok. Hanya saja kalau di Udon Thani agak sulit seafood karena jauh dari laut," kata Tom.

BACA JUGA: Ternyata Sarang Semut Bisa Jadi Lauk yang Sedap!

Secara keseluruhan makanan di restoran Krua Khun Nid sangat mudah diterima lidah orang Indonesia. Masakannya didominasi rasa pedas dan gurih. Sedangkan untuk minuman khas ada sari buah bael atau dikenal juga sebagai buah maja. Minuman ini jarang didapat di Indonesia. Warnanya menyerupai teh dengan rasa manis dan memiliki sensasi rasa asap.

Sebagai makanan penutup ada mango sticky rice, ketan dengan daging mangga yang disiram santan. Hidangan penutup khas Thailand ini memang jadi favorit orang Indonesia.

KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Sarang semut tumis.

Restoran Krua Khun Nid berlokasi di 64 Soi Watphanonnivejh, Mak Khaeng, Udon Thani. Letaknya sekitar 20 menit berkendara dari Bandara Internasional Udon Thani. Harga makanan di restoran ini berkisar antara 40-360 Baht atau setara dengan Rp 15.000 sampai Rp 150.000.

Restoran ini buka dari pukul 10.00-22.00 waktu setempat. Dari pantauan KompasTravel, lebih banyak masyarakat lokal yang bersantap di sini. Tak heran pramusajinya sama sekali tak ada yang bisa berbahasa Inggris.

Namun jika ingin merasakan makanan khas lokal Udon Thani, tak ada salahnya berkunjung ke restoran ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com