Kompas.com - 04/02/2017, 08:05 WIB
Pantai pasir putih membentang di Pulau Panjang, Jepara. Kontributor Semarang, Nazar NurdinPantai pasir putih membentang di Pulau Panjang, Jepara.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JEPARA, KOMPAS.com - Wisata Jepara, Jawa Tengah, identik dengan Karimunjawa. Padahal ada Pulau Panjang yang tak kalah indah.

Wisatawan bisa menikmati keelokan pulau itu dengan biaya relatif terjangkau. Pulau itu bernama Pulau Panjang. Pulau dengan suguhan panorama alam, yang relatif terjaga keasriannya.

Perjalanan KompasTravel, Januari 2017 lalu terasa cukup mengasyikkan. Wisatawan yang hendak menuju Pulau Panjang bisa melalui dua jalur, yaitu jalur dari Pantai Kartini, Jepara, serta jalur dari Pantai Bandengan, Jepara. Dua jalur itu paling umum dilalui para wisatawan domestik.

Perjalanan dari dua pantai itu menuju Pulau Panjang memerlukan waktu kurang lebih 30 menit menggunakan kapal nelayan. Saat naik kapal, jangan khawatir dengan ombak laut, karena sejumlah perlengkapan keselamatan telah disediakan.

Kapal itu, terutama pada libur akhir pekan, juga standby di Dermaga Pantai Bandengan. Wisatawan yang hendak menuju pulau cukup membayar Rp 15.000 untuk satu paket keberangkatan dan kepulangan.

Tiba di Pulau Panjang, akan ada satu jembatan kayu yang digunakan untuk perjalanan kaki menuju pulau. Di sana sudah ada petugas yang akan meminta tarif masuk menuju gerbang objek wisata.

Setelah membayar retribusi masuk Rp 5.000, Anda bebas berpetualang menyusuri pulau, bermain air pantai yang jernih, serta berswafoto di tempat yang disediakan. Pulau Panjang mempunyai garis pantai yang berbeda Pantai Kartini, dan Pantai Bandengan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kontributor Semarang, Nazar Nurdin Tulisan “Taman Pulau Kecil Pulau Panjang” dijadikan objek foto oleh para wisatawan.
Pantai di pulau Panjang begitu hening, bersih, serta tak banyak polusi. Air di sekitar pantai jernih. Ikan kecil berenang bebas di atas karang yang terlihat sangat jelas.

Soal makanan jangan khawatir. Di dalam pulau, banyak warga yang mendagangkan aneka jajanan. Pengelola juga menawarkan sepeda bagi wisatawan yang hendak mengelilingi pulau ini. Juga ada yang menawarkan pelampung dan kacamata snorkel bagi wisatawan yang ingin snorkeling, serta peralatan camping untuk bermukim di pulau.

Pulau Panjang bisa diakses wisatawan setiap hari, tanpa terkecuali. Namun, jika hendak pergi wisata beramai-ramai disarankan untuk memilih hari libur atau akhir pekan.

Seorang warga Jepara, Haryana mengaku tiap akhir pekan mengantarkan wisatawan ke Pulau Panjang. Wisatawan yang menuju pulau itu rata-rata berwisata dari Pantai Bandengan, lalu melanjutkan perjalanan.

“Saya tiap akhir pekan ini mengantar. Satu kapal bisa diisi 20-25 orang,” ujar Haryana.

Berwisata di Pulau Panjang tidak perlu biaya mahal. Jika sudah sampai di Pantai Kartini, atau Pantai Bandengan, bisa melanjutkan perjalanan di Pulau Panjang atau melanjutkan perjalanan ke Pulau Karimunjawa. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.