Kompas.com - 05/02/2017, 07:05 WIB
Wihara Wat Pa Phu Kon, Thailand, terbilang istimewa karena adanya patung Buddha yang terbuat dari bahan marmer putih. KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARIWihara Wat Pa Phu Kon, Thailand, terbilang istimewa karena adanya patung Buddha yang terbuat dari bahan marmer putih.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

UDON THANI, KOMPAS.com - Wihara Wat Pa Phu Kon menjadi salah satu tempat ziarah umat Buddha di Thailand. Letaknya berada di daerah timur laut Thailand, tepatnya di Ban Kong, Distrik Nayon, Udon Thani.

Wihara ini terbilang istimewa karena adanya patung Buddha yang terbuat dari bahan marmer putih. Patung ini juga diklaim sebagai patung Buddha berbahan marmer terbesar di dunia.

"Wihara ini dibangun tahun 1984 oleh seseorang yang kaya raya dari Bangkok. Sampai sekarang banyak orang lokal dari seluruh Thailand yang berkunjung ke sini untuk beribadah di akhir pekan," kata Tom, pemandu tur lokal acara AEC Media Fam Trip Thailand Connect, Jumat (3/2/2017).

Dana yang dikeluarkan untuk membangun patung tersebut mencapai 50 juta Baht, atau setara Rp 19 miliar.

KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Wihara Wat Pa Phu Kon menjadi salah satu tempat ziarah umat Buddha di Thailand.

Bagian luar wihara Wat Pa Phu Kon mencirikan nuansa Thailand dengan ukiran khas dan atapnya yang runcing. Tak seperti wihara kebanyakan di Thailand yang bernuansa warna emas dan putih, Wat Phu Kon justru didominasi warna putih dan biru.

Saat memasuki wihara, pengunjung akan dibuat takjub dengan patung Buddha raksasa dalam pose tidur yang terbuat dari marmer. Patung tersebut memiliki panjang 20 meter dengan tinggi enam meter.

"Ini marmernya dari Italia, karena marmer dari sana berkualitas paling bagus dan berwarna putih cerah. Patung ini adalah gabungan dari 43 bongkahan marmer dengan berat lebih dari 700 ton," kata Tom.

BACA JUGA: Ternyata Sarang Semut Bisa Jadi Lauk yang Sedap!

Menurut Tom, proses pembuatan wihara ternyata dibangun setelah patung Buddha jadi terlebih dahulu. Setelahnya baru dibangun wihara Wat Pa Phu Kon.

Di tembok dalam wihara juga terdapat relief yang menceritakan reinkarnasi dan perjalanan hidup Sang Buddha. "Baca reliefnya searah jarum jam, cerita Budha biasanya selalu searah jarum jam," kata Tom.

BARRY KUSUMA Wihara ini berada di daerah timur laut Thailand, tepatnya di Ban Kong, Distrik Nayon, Udon Thani.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.