Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Purwakarta Juga Punya Hutan Pinus!

Kompas.com - 05/02/2017, 20:05 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Hutan pinus kini menjadi destinasi wisata alam populer di kalangan wisatawan. Hutan pinus bisa ditemui di beberapa kota seperti Bandung, Bogor, dan Yogyakarta.

Namun siapa sangka, Purwakarta di Jawa Barat juga punya hutan pinus. Namanya Pasir Langlang, yang terletak di selatan Purwakarta.

BACA JUGA: Banyuwangi Pun Memiliki Hutan Pinus, Ini Lokasinya...

Dari rilis Humas Kabupaten Purwakarta yang diterima KompasTravel, Minggu (5/2/2017), kata 'pasir' dalam bahasa Sunda berarti bukit dan 'langlang' merupakan istilah yang merujuk pada pengembaraan.

Pasir Langlang terletak di Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Di sini wisatawan akan menemui deretan pohon pinus lengkap dengan udara yang masih segar, karena jauh dari kebisingan dan polusi.

Pasir Langlang terletak di Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. HUMAS KABUPATEN PURWAKARTA Pasir Langlang terletak di Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Untuk mencapai Pasir Langlang, wisatawan bisa memulai perjalanan dari Jalan Kapten Halim Purwakarta menuju Wanayasa. Anda akan melewati pasar setempat hingga sampai ke gapura Desa Pusaka Mulya di Kiarapedes.

Dari sana, Anda tinggal lurus mengikuti jalan besar hingga menemukan petunjuk jalan menuju Wana Wisata Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta.

Sampai di lokasi, Anda seolah akan dibuat nyawang alias mengenang. Suasana di tempat ini memang hening dan tenang.

BACA JUGA: Panenjoan, Destinasi Instagenic Baru di Purwakarta

Harga tiket masuk tempat wisata ini cukup murah, Rp 5.000 per orang. Pasir Langlang juga terbuka untuk kemping, dengan membayar Rp 10.000. Namun Anda juga harus membayar Rp 330.000 untuk biaya sewa pemandu, tenda, sleeping bag, matras, dan satu set alat masak. Tak perlu repot-repot membawa semuanya dari rumah!

Jika ingin menikmati bersantai di hammock, Anda harus membayar Rp 15.000. Hammock ini juga menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com