Punya 72 "Event" di B-Fest 2017, Banyuwangi Diusulkan Jadi Kota Festival

Kompas.com - 06/02/2017, 12:37 WIB
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, bersama Deputi Pengembangan dan Pemasaran Nusantara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Esti Reko Astuti, dalam acara Launching Banyuwangi Festival 2017, Jumat (3/2/2017). Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, bersama Deputi Pengembangan dan Pemasaran Nusantara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Esti Reko Astuti, dalam acara Launching Banyuwangi Festival 2017, Jumat (3/2/2017).
|
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com-Banyuwangi Festival (B-Fest) akan kembali digelar pada 2017. Pada tahun ini, B-Fest akan menghadirkan 72 event di sepanjang tahun. Kabupaten ini pun diusulkan menjadi "Kota Festival".

“(Usulan) penobatan tersebut sekaligus dimaksudkan untuk menjadi daya tarik wisatawan," kata Deputi Pengembangan dan Pemasaran Nusantara Kementerian Pariwisata, Esti Reko Astuti, saat peluncuran B-Fest di Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Menurut Esti, Banyuwangi memiliki pesona alam yang menarik. Namun, lanjut dia, B-Fest menonjolkan pula kreativitas di bidang budaya dan seni.

Jumlah event yang yang digelar tersebut tercatat menjadi yang terbanyak yang pernah digelar di tingkat kabupaten/kota di Indonesia.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, pada kesempatan yang sama menyatakan, agenda B-Fest pada 2017 tetap akan menampilkan Banyuwangi Beach Jazz Festival dan Jazz Ijen, seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

“(Namun), ada beberapa tambahan acara baru juga. Contohnya, Festival Kembar, orang-orang kembar dikumpulkan. Kemudian, ada Festival Teknologi,” ujar Anas.

(Baca juga:Liburan Sepanjang Tahun di Banyuwangi, Ada 72 "Event" di B-Fest 2017)

Selain itu, lanjut Anas, setiap malam akan ada pentas seni di Rumah Kreatif. Adapun pada akhir pekan, ujar dia, bakal digelar Banyuwangi Weekend yang menampilkan produk kreatif berpadu dengan seni budaya.

"Jadi, wisatawan bisa menyaksikan pertunjukan budaya kapan saja (di Banyuwangi)," kata Anas.

Adapun beberapa event utama dari B-Fest 2017 adalah sebagai berikut:

  • Banyuwangi International BMX pada 22-23 April 2017
  • Kite and Wind Surfing Competition di Pulau Tabuhan pada 26-27 Agustus 2017
  • International Tour de Banyuwangi Ijen pada 27-30 September 2017
  • Kebo-Keboan pada 14 September 2017 dan 1 Oktober 2017
  • Ngopi Sepuluhewu pada 18 Oktober 2017
  • Festival Gandrung Sewu pada 8 Oktober 2017
  • Banyuwangi Ethno Carnival pada 11 November 2017

Memikat wisatawan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X