Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biak Kembangkan Wisata Selancar

Kompas.com - 07/02/2017, 13:26 WIB

KOMPAS.com - Beberapa daerah di Indonesia tengah mengembangkan diri sebagai destinasi wisata surfing alias selancar. Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, adalah salah satunya.

Spot yang menjadi tempat wisata selancar adalah perairan Tanjung Saruri yang terletak di bibir lautan Pasifik. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor, Yubelius Usior.

Ia mengatakan, Tanjung Saruri diharapkan menjadi destinasi wisata bahari unggulan Biak karena telah dibangun fasilitas pariwisata.

"Dengan dukungan dana APBD Dinas Pariwisata membangun fasilitas penginapan dan taman bermain bagi pengunjung di area Tanung Saruri untuk menikmati keindahan alam laut setempat," ungkap Yubelius, Selasa (7/2/2017).

BACA JUGA: Hotel di Bibir Pantai Biak yang Berair Jernih

Tanjung Saruri dinilai layak sebagai spot selancar karena ombaknya yang tinggi. Saat ini, spot tersebut masih dikelola masyarakat setempat.

Untuk program ke depan, lanjut Yubelius, pengelolaan fasilitas objek wisata di Kabupaten Biak Numfor akan dilakukan secara profesional sehingga mendatangkan pendapatan retribusi untuk kabupaten.

"Di tahun 2017 Dinas Pariwisata akan membenahi fasilitas pariwisata di Biak Numfor dengan dukungan dana Kementerian Pariwisata hingga Rp 1 miliar lebih," ujarnya.

Sarana yang akan dibangun, menurut Yubelius, adalah pusat informasi pariwisata, jalan di lokasi wisata Telaga Biru Samares distrik Biak Timur, juga jamban di kampung Sanumi dan Distrik Bondifuar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com