Biak Kembangkan Wisata Selancar

Kompas.com - 07/02/2017, 13:26 WIB
selancar. ilustrasi selancar. ilustrasi
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Beberapa daerah di Indonesia tengah mengembangkan diri sebagai destinasi wisata surfing alias selancar. Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, adalah salah satunya.

Spot yang menjadi tempat wisata selancar adalah perairan Tanjung Saruri yang terletak di bibir lautan Pasifik. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor, Yubelius Usior.

Ia mengatakan, Tanjung Saruri diharapkan menjadi destinasi wisata bahari unggulan Biak karena telah dibangun fasilitas pariwisata.

"Dengan dukungan dana APBD Dinas Pariwisata membangun fasilitas penginapan dan taman bermain bagi pengunjung di area Tanung Saruri untuk menikmati keindahan alam laut setempat," ungkap Yubelius, Selasa (7/2/2017).

BACA JUGA: Hotel di Bibir Pantai Biak yang Berair Jernih

Tanjung Saruri dinilai layak sebagai spot selancar karena ombaknya yang tinggi. Saat ini, spot tersebut masih dikelola masyarakat setempat.

Untuk program ke depan, lanjut Yubelius, pengelolaan fasilitas objek wisata di Kabupaten Biak Numfor akan dilakukan secara profesional sehingga mendatangkan pendapatan retribusi untuk kabupaten.

"Di tahun 2017 Dinas Pariwisata akan membenahi fasilitas pariwisata di Biak Numfor dengan dukungan dana Kementerian Pariwisata hingga Rp 1 miliar lebih," ujarnya.

Sarana yang akan dibangun, menurut Yubelius, adalah pusat informasi pariwisata, jalan di lokasi wisata Telaga Biru Samares distrik Biak Timur, juga jamban di kampung Sanumi dan Distrik Bondifuar.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X