Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soto Ayam Sudah Biasa, Cicipi Soto Bebek Bu Siswo Khas Klaten

Kompas.com - 08/02/2017, 20:06 WIB

KABUPATEN Klaten sejak lama banyak dikenal sebagai surganya penggemar olahan daging bebek. Di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta ini banyak ditemukan tempat makan yang menjual olahan bebek.

Dari sekian banyak penjual olahan bebek yang ada di Klaten, terdapat beberapa yang legendaris dan salah satunya adalah warung Bu Siswo.

Berada di Kios Karanglo, Kelurahan Karangdukuh, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, atau berada di timur pabrik gula Gondang, warung makan ini telah ada sejak tahun 1953.

Sejak tahun 1953 itu pula warung makan ini menyediakan bebek bacem goreng, bebek bakar, dan satu hidangan unik, yakni soto bebek. Tidak seperti soto ayam ataupun sapi, soto bebek tidak akan dengan mudah Anda temukan di daerah lain.

"Memang telah sejak awal warung ini menjual soto bebek," ujar Titin Sundari, generasi ketiga pengelola warung makan Bu Siswo.

Jika memesan soto bebek, pengunjung akan mendapati seporsi soto berisikan potongan kobis, tauge, irisan daun sledri, bawang goreng, serta potongan daging bebek.

Kuah soto ini bening, seperti kebanyakan soto yang ada di daerah Yogyakarta dan sebagain Jawa Tengah. Kuahnya terasa segar, dengan citarasa bumbu rempah dan kaldu yang pas. Yang membuat hidangan ini spesial tentunya potongan daging bebeknya yang begitu empuk dan gurih.

Tribun Jogja/Hamim Thohari Warung Bu Siswo
Ada dua pilihan cara penyajian soto, yakni soto pisah (nasi disajikan terpisah) ataupun soto campur. Bebek bacem gorengnya pun juga sayang untuk dilewatkan.

Daging bebek yang dibacem selama kurang lebih dua jam dan kemudian digoreng menghasilkan sajian bebek goreng yang empuk, dengan rasa gurih yang meresap hingga ke dalam dagingnya.

"Untuk bebek, saya menggunakan bebek yang sudah tidak bertelur lagi (afkiran). Bebek ini memiliki daging yang rasanya jauh lebih gurih daripada bebek muda," ungkap Titin.

Setiap harinya warung makan yang berada di pinggir jalan raya penghubung Jogja-Solo tersebut buka dari jam 06.00 hingga sekitar jam 13.00 WIB. Bahkan sering kali sebelum jam 13.00 warung telah tutup karena dagangannya telah ludes diserbu pelanggan.

Anda tidak perlu khawatir makan di warung Bu Siswo ini akan menguras dompet. Karena soto bebek campur hanya dibandrol dengan harga Rp 7.000 per porsi dan untuk soto pisahnya hanya Rp 9.000.

Sedang bebek bacem goreng harga per porsinya (sudah termasuk nasi) Rp 25.000 dan bebek bakar Rp 27.000 per porsi.

"Bagi yang menginginkan bebek bacem satu ekor utuh harganya Rp 100.000," pungkas Titin. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com