Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Koleksi Aneka Rasa Kit Kat dari Jepang

Kompas.com - 10/02/2017, 22:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pria asal Australia, Matthew Butler memiliki hobi yang unik. Ia mengumpulkan biskuit Kit Kat dari Jepang yang tercatat memiliki lebih dari 300 rasa. Saat ini, Butler telah mengumpulkan dan mencoba lebih dari 100 rasa Kit Kat.

"Saya selalu kagum dengan budaya Jepang, baik dari sisi sejarah maupun pop culture," kata Butler yang merupakan dosen dari Monash University seperti dilansir dari Traveller.com.au, Jumat (10/2/2017).

BACA JUGA: Lupakan Green Tea, Ada 300 Varian Rasa KitKat di Jepang

Butler mulai mengumpulkan Kit Kat tahun 2010, ketika salah satu mahasiswanya memberikan oleh-oleh dari Jepang yaitu Kit Kat dengan berbagai rasa.

Satu di antara berbagai rasa Kit Kat yang dibawa oleh mahasiswanya adalah rasa Yuzu Koshu, yakni saus pedas khas Jepang. Butler jatuh cinta dengan rasa Kit Kat tersebut dan hingga sekarang masih menjadi rasa Kit Kat favoritnya.

"Rasanya seperti cokelat pahit dengan rasa jeruk dan lada, seperti rasa cabai," kata Butler. Sayang kata Butler Kit Kat tersebut dikeluarkan terbatas, dan kini tak lagi tersedia di pasaran.

TRAVELLER.COM.AU Satu di antara berbagai rasa Kit Kat yang dibawa oleh mahasiswanya adalah rasa Yuzu Koshu, yakni saus pedas khas Jepang. Butler jatuh cinta dengan rasa Kit Kat tersebut dan hingga sekarang masih menjadi rasa Kit Kat favoritnya.

"Uniknya Kit Kat, mereka mengeluarkan rasa musiman dan hanya di daerah tertentu. Ada yang bertahan dari pertama saya mencobanya, tetapi ada yang muncul lalu hilang begitu saja," kata Butler.

BACA JUGA: Begini Indahnya Musim Sakura di Jepang

Menurutnya, banyak rasa Kit Kat yang hanya tersedia di beberapa daerah Jepang, dan dirancang untuk menonjolkan spesialisasi rasa daerah. Karena hobi uniknya tersebut, kini Butler rutin berkunjung ke Jepang.

"Saya baru saja menyelesaikan studi Ph.D., dan saya ingin merayakannya dengan menanjak Gunung Fuji dan keliling Jepang satu bulan. Kit Kat adalah simbol apa yang saya suka dari Jepang. Ini cara yang aneh tetapi juga terbaik," kata Butler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com